EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pendidikan Agama Islam Berbasis Budaya Lokal di Panti Sosial Bina Netra “Fajar Harapan” Martapura Kabupaten Banjar

Rahma, Oktia (2020) Pendidikan Agama Islam Berbasis Budaya Lokal di Panti Sosial Bina Netra “Fajar Harapan” Martapura Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (150kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (764kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (465kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (611kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (469kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (425kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Budaya lokal berperan sangat penting dalam mendukung proses pendidikan Islam bagi Tunanetra, karena pendidikan Islam yang berbasis budaya lokal merupakan suatu usaha dalam mengajarkan budaya kepada generasi Islam yang baru agar mereka mengetahui dan mencintai budaya yang telah berkembang sejak dahulu. Pendidikan Islam berbasis budaya lokal yang dimaksud adalah bimbingan keagamaan Maulid Habsyi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dan faktor apa saja yang mempengaruhi dalam proses pendidikan Maulid Habsyi di Panti Sosial Bina Netra “Fajar Harapan” Martapura. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan menganalisis data menggunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah instruktur keagamaan dan klien di Panti Sosial Bina Netra “Fajar Harapan” Martapura, sedangkan objek penelitian ini adalah segi pelaksanaan, metode, media dan faktor yang mempengaruhi proses pembinaan bimbingan Maulid Habsyi di Panti Sosial Bina Netra “Fajar Harapan” Martapura. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan Maulid Habsyi di Panti Sosial Bina Netra “Fajar Harapan” Martapura Kabupaten Banjar sudah terlaksana dengan cara: instruktur memberikan materi ceramah agama dan rumus tabuhan rebana yang sudah beliau hafal sehingga tidak menggunakan buku saat memberikan bimbingan; media yang digunakan untuk bimbingan Maulid Habsyi antara lain adalah gerakan menabuh rebana, rebana, buku syair/ rawi brille dan tape recorder. Faktor yang mendukung pada bimbingan Maulid Habsyi di panti ini yaitu klien rajin menghafal, serius belajar, dan memiliki motivasi yang tinggi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah bimbingan menabuh rebana dilakukan satu persatu sehingga memerlukan waktu yang lama. Adapun saran untuk penelitian selanjutnya adalah penelitian ini perlu dikembangkan pada pembahasan lain selain daripada Maulid Habsyi, seperti Haulan, Manakib, Yasinan, Burdah dan sebagainya.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Harnanda F Harnanda Firda Nisa Harnanda Firda Nisa
Date Deposited: 10 Jul 2020 00:27
Last Modified: 10 Jul 2020 00:27
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14459

Actions (login required)

View Item View Item