EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Pengaruh Sertifikasi Halal terhadap Impluse Buying pada Baskin Robbins Banjarmasin

Fat'uliya, Fat'uliya (2020) Analisis Pengaruh Sertifikasi Halal terhadap Impluse Buying pada Baskin Robbins Banjarmasin. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan Fat'uliya-dikonversi.pdf

Download (177kB)
[img] Text
Awal Skripsi Fat'uliya.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK Fat'uliya.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB I Fat'uliya.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB II Fat'uliya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[img] Text
BAB III Fat'uliya.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB IV Fat'uliya.pdf

Download (566kB)
[img] Text
BAB V Fat'uliya.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[img] Text
LAMPIRAN Fat'uliya.pdf

Download (952kB)

ABSTRAK

Islam merupakan agama yang sangat memperhatikan hal sekecil apapun termasuk dalam hal konsumsi. Setiap makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh manusia dalam Islam diwajibkan hanya untuk mengkonsumsi yang halal dan sangat dilarang untuk mengonsumsi yang haram. Untuk mengetahui kehalalan suatu produk dapat dilihat pada ada tidaknya sertifikasi atau label halal pada suatu produk. Peraturan pelabelan yang dikeluarkan oleh Dirjen POM RI (Direktur Jenderal Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia), mewajibkan para produsen produk makanan untuk mencantumkan label tambahan yang memuat informasi tentang kandungan (ingredient) dari produk makanan tersebut. Dengan demikian konsumen dapat memperoleh sedikit informasi yang dapat membantu mereka untuk menentukan sendiri kehalalan suatu produk. Informasi tersebut kemudian digunakan untuk menentukan jadi tidaknya suatu keputusan dalam melakukan pembelian atau disebut juga dengan impluse buying. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif yaitu dengan menghimpun data kemudian diolah kembali dengan program SPSS 22,0. Lokasi penelitian adalah pada Baskin Robbins Duta Mall Banjarmasin lantai 2 dan lantai 3, serta pada Giant Ekspres Jl. A. Yani Km.5,5 Banjarmasin. Julmlah populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen Baskin Robbins Banjarmasin yang beragama Islam (Muslim). Jumlah sampel sebanyak 99 reponden yang diperoleh setelah perhitungan data konsumen menggunakan rumus slovin dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan siapa saja yang bertemu dengan peneliti dapat dijadikan sebagai sampel, dan bila orang yang ditemui tersebut dipandang cocok sebagai sumber data”. Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan uji kuesioner (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas dengan melihat hasil pada normal probability plot dan uji One Sample Kolmogorov-Smirnov (K-S)), analisis regresi sederhana dengan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persamaan regresi sederhana yaitu Y =18,043 + 0,289 X + 2,245 dimana variabel sertifikasi halal (X) berpengaruh secara signifikan terhadap impluse buying (Y). Berdasarkan perhitungan uji t diperoleh thitung (5,456) > ttabel (= 1,984) dengan tingkat signifikansi (α=0,05). Hal ini menandakan bahwa dengan adanya keberadaan sertifikasi halal maka akan meningkatkan impluse buying. Selain itu nilai Adjusted R Square sebesar 0,227 yang berarti besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikatnya adalah sebesar 22,7%, artinya 22,7% keberadaan sertifikasi halal mempengaruhi impluse buying dan sisanya sebesar 77,3% dipengaruhi oleh faktor lain diluar model.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Muhamad Abdi Noor Riza
Date Deposited: 01 Sep 2020 02:17
Last Modified: 01 Sep 2020 02:17
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14717

Actions (login required)

View Item View Item