EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PERAN ULAMA TASAWUF DALAM KEHIDUPAN SOSIAL DAN POLITIK DI KABUPATEN TANAH LAUT ( STUDI TENTANG KIPRAH KH. MUHAMMAD SYAHRANI )

Tasroni, Tasroni (2020) PERAN ULAMA TASAWUF DALAM KEHIDUPAN SOSIAL DAN POLITIK DI KABUPATEN TANAH LAUT ( STUDI TENTANG KIPRAH KH. MUHAMMAD SYAHRANI ). Tesis, Pasca Sarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (702kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (751kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (42kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (83kB)
[img] Text
ABSTRAK - TASRONI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (165kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (206kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya sosok ulama tasawuf di Kabupaten Tanah Laut yaitu KH. Muhammad Syahrani yang pemikiran dan aktivitasnya sangat berpengaruh dan berperan dalam perkembangan kehidupan beragama dimasyarakat, sikapnya yang harmonis dengan pemerintah membuat hubungannya dengan Pemerintah Daerah sangat baik sehingga tidak jarang dalam bidang keagamaan Bupati selalu bermusyawarah meminta arahan dan nasehat dari beliau. Hal ini sangat bertolak belakang dengan karakter ulama tasawuf pada umumnya yang menjauhi perkara keduniaan dan pemerintahan. Sehingga, penulis merasa perlu melakukan kajian lebih mendalam tentang kiprah KH. Muhammad Syahrani dalam kehidupan Sosial dan Politik dan bagaimana Pemikiran Keagamaan/ Tasawuf dan politik KH. Muhammad Syahrani dalam pembinaan ummat di Tanah Laut. Hal ini sangat penting, mengingat besarnya peranan ulama sufi Banjar dalam mengembangkan agama Islam. Metode yang digunakan menurut jenisnya adalah empiris kualitatif yaitu penelitian lapangan dengan cara menggali berbagai macam data yang terdapat pada objek lapangan penelitian, dalam hal ini adalah KH. Muhammad Syahrani yang merupakan salah satu ulama tasawuf di kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, KH. Muhammad Syahrani sebagai ulama sufi Kota Pelaihari memainkan peranan yang besar dalam membina masyarakat Kota Pelaihari dengan memimpin acara-acara keagamaan dan mengisi majelis-majelis Ilmu. Peranan tersebut telah mendorong dan membangun terjadinya keseimbangan, keharmonisan dan kesatuan dalam masyarakat. Hal ini terjadi karena kedalaman ilmu, kesalehan dan perilakunya yang terpuji sehingga beliau sangat dihargai dan dihormati. Kedua, Pengaruh KH. Muhammad Syahrani dalam bidang politik secara tidak langsung (high politic) dapat memenangkan Pemilihan Kepala Daerah hingga tiga kali berturut-turut sehingga misi beliau untuk mensyiarkan agama Islam dapat berjalan dengan baik. Ketiga, kontribusi KH. Muhammad Syahrani dalam bidang keagamaan yaitu mengirim santri ke Hadramaut dan Mesir, membangun Masjid Agung Syuhada Pelaihari, penunjukan Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD), dan mendatangkan penceramah dari luar daerah. Keempat, aliran tasawuf yang diamalkan adalah neosufisme sehingga beliau dapat beradaptasi dengan tradisi-tradisi keagamaan dimasyarakat. Kepada peneliti selanjutnya agar dapat membuat sebuah penelitian tentang kiprah para ulama sufi Banjar dalam da’wah Islamiyah, sehingga dapat mengangkat nama daerah dan juga menjadi khazanah keilmuan yang sangat bermakna dan bernilai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 04 Jan 2021 00:24
Last Modified: 04 Jan 2021 00:24
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15059

Actions (login required)

View Item View Item