EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembinaan Akhlak Anak Usia Dini Melalui Metode Sentra Imtaq (Studi di TK Terpadu Tarbiyatul Athfal, TK Islam Sabilal Muhtadin dan TK Terpadu Sang Pemimpin Kota Banjarmasi)

Ratna, Ratna (2020) Pembinaan Akhlak Anak Usia Dini Melalui Metode Sentra Imtaq (Studi di TK Terpadu Tarbiyatul Athfal, TK Islam Sabilal Muhtadin dan TK Terpadu Sang Pemimpin Kota Banjarmasi). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (534kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Setiap manusia dilahirkan dalam keadaan fitrah dan memiliki jiwa yang bersih, akan tetapi dalam perkembangannya kemudian dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan pendidikan yang diperolehnya, karena itu penting untuk mendidik dan menamkan akhlak mulia sejak dini, bahkan semenjak anak tersebut di dalam kandungan. Tujuannya untuk mengoptimalkan potensi fitrah yang ada pada anak tersebut, termasuk potensi akhlak, karena itu pembinaan akhlak pada anak usia dini perlu dilakukan dengan maksimal, baik di rumah maupun di sekolah. Sentra imtaq adalah salah satu sentra yang ada pada pendidikan anak usia dini yang berupaya untuk mendukung pembinaan akhlak anak usia dini, oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana pembinaan akhlak pada anak usia dini melalui metode sentra imtaq, apa saja akhlak yang dibina dan faktor yang mempengarhi dalam pembinaan akhlak tersebut. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data yang digali adalah tentang akhlak yang dibina pada anak usia dini, pembinaan akhlak anak usia dini melalui metode sentra imtaq, serta dampak pembinaan akhlak anak usia dini di TK Terpadu Tarbiyatul Athfal, TK Islam Sabilal Muhtadin dan TK Terpadu Sang Pemimpin. Sumber data adalah guru di sentra imtaq, kepala sekolah dan dokumen terkait. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh data bahwa akhlak anak usia dini yang dibina melalui metode sentra imtaq terbagi menjadi akhlak terhadap Allah seperti pembiasaan sholat kepada anak, akhlak terhadap sesama manusia seperti saling menghormati sesama dan akhlak terhadap lingkungan seperti contohnya menjaga kebersihan lingkungan. Pembinaan akhlak anak usia dini melalui metode sentra imtaq dilakukan pada saat guru dan murid duduk bersama dengan membentuk lingkaran melalui pemberian nasihat, bercerita bahkan juga melalui kegiatan menonton video bersama-sama, melalui aturan main di sentra imtaq, melalui kegiatan bermain dengan alat main yang menunjang di sentra imtaq, serta melalui pemberian pijakan selama anak berada di sentra imtaq. Sedangkan dampak dari pembinaan akhlak anak usia dini melalui metode sentra imtaq adalah anak menjadi terbiasa dalam melakukan hal baik atau positif, diantaranya seperti anak mulai terbiasa mengucapkan salam ketika memasuki ruangan, berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu dan melaksanaan sholat tanpa harus disuruh lagi, serta menunjukan prilaku terpuji kepada guru dan temannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Ratna Ratna
Date Deposited: 09 Feb 2021 06:23
Last Modified: 09 Feb 2021 06:23
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15350

Actions (login required)

View Item View Item