EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

STUDI PERBANDINGAN PRAKTIK GADAI PADA LEMBAGA PEGADAIAN DAN PERBANKAN SYARIAH

Yayan Abdillah, Yayan Abdillah (2021) STUDI PERBANDINGAN PRAKTIK GADAI PADA LEMBAGA PEGADAIAN DAN PERBANKAN SYARIAH. Tesis, Pasca Sarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (160kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (537kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (320kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (98kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi dalam perspektif kekinian, masuknya gadai menjadi salah satu produk Perbankan Syariah menurut sebagian kalangan menjadi ironi karena dikhawatirkan berbenturan dengan Pegadaian Syariah. Memasukkan produk Rahn Emas dalam Perbankan Syariah seringkali terjebak di antara kedua aturan yang saling tarik-menarik antara Perbankan Syariah dengan PT Pegadaian (Persero). Namun, jika sistem penyaluran pembiayaan ini dilakukan dengan optimal, justru PT Pegadaian (Persero) akan menjadi partnership perbankan yang saling menguntungkan dan bukan lagi produk pelengkap perbankan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang berbentuk studi kasus, yaitu dalam hal ini dengan meneliti langsung ke lapangan untuk menggali permasalahan terhadap praktek gadai. Penelitian ini bersifat empiris normatif yaitu pendekatan dengan cara meneliti tentang praktek gadai yang ada di pegadaian syariah dan perbankan syariah. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah orang yang terlibat dalam praktek gadai pada pegadaian dan perbankan syariah di Banjarmasin, yaitu pimpinan atau karyawan perusahaan dan nasabah. Pada penelitian ini ada dua tempat yaitu Pegadaian Syariah Cabang Kebun Bunga Banjarmasin dan Perbankan Syariah pada BNI Syariah Cabang Banjarmasin. Data yang digali meliputi gambaran umum lokasi penelitian, identitas responden dan deskriptif kasus serta analisis berdasarkan prinsip dan nilai Islam terhadap praktek gadai pada Pegadaian dan Perbankan Syariah di Banjarmasin. Sumber data adalah informan dan berbagai literatur fiqih muamalah terkait gadai syariah. Pengumpulan data menggunakan wawancara kepada pimpinan dan karyawan. Tahapan pengolahan data menggunakan penyusunan data, penyajian data dan interpretasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif, induktif, dan kualitatif berdasarkan perbandingan, sehingga sampai pada suatu jawaban Bagaimana tinjauan normatif terhadap praktek gadai pada lembaga Pegadaian dan Perbankan Syariah. Perbandingan dapat disimpulkan bahwa praktek gadai syariah yang dijalankan pegadaian syariah barang yang dijadikan jaminan lebih banyak dibanding produk gadai syariah yang dijalankan perbankan syariah yang hanya berupa emas atau logam mulia. Pada dasarnya transaksi gadai syariah di lembaga baik Pegadaian Syariah maupun Perbankan Syariah di Indonesia memiliki prosedur yang sama, yang membedakan hanyalah jatuh tempo, minimum nilai marhun, nilai taksiran atas marhun, jumlah marhun bih yang diberikan, dan biayabiaya yang dikenakan pada transaksi gadai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 13 Mar 2021 21:40
Last Modified: 13 Mar 2021 21:40
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15844

Actions (login required)

View Item View Item