EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

JUAL BELI NOMOR KARTU KELUARGA DAN NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN MELALUI SOSIAL MEDIA (TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH) DAN HUKUM POSITIF)

Ridha, Fadhel Achmad Ar (2020) JUAL BELI NOMOR KARTU KELUARGA DAN NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN MELALUI SOSIAL MEDIA (TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH) DAN HUKUM POSITIF). Tesis, Pasca Sarjana.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (244kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (536kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (229kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (592kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (433kB)

ABSTRAK

Jual beli adalah bentuk kegiatan muamalah. Secara prinsip, jual beli yang diatur dalam hukum Islam adalah jual beli yang saling menguntungkan dan tidak ada salah satu pihak yang dirugikan. Era digital seperti sekarang ini menjadikan data pribadi menjadi sesuatu yang sangat berharga dan memiliki nilai jual yang tinggi. Hal ini disalahgunakan oleh pihak yang yang tidak bertanggung jawab demi mendapatkan keuntungan pribadi. Data pribadi marak diperjualbelikan pasca dikeluarkannya PM No.12 tahun 2016 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mekanisme transaksi jual beli nomor Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) melalui sosial media, sehingga dapat diketahui alur jual beli tersebut melalui sosial media dan untuk mengetahui pandangan Hukum Ekonomi Syariah dan Hukum Positif di Indonesia mengenai transaksi seperti ini melalui sosial media. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersumber pada dua bahan hukum yaitu bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi pustaka. Adapun alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif model Miles & Huberman ada 3 jenis cara analisis jelaskan saja cara analisis dimana Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa maraknya bisnis jual beli nomor Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di Banjarmasin disebabkan adanya peluang yang menguntungkan yakni pasca disahkannya PM No.12 tahun 2016 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi dimana data KK dan NIK sangat dibutuhkan untuk aktivasi kartu perdana. Adapun mekanisme jual beli KK dan NIK adalah pertama, pihak penjual mencari data KK dan NIK melalui rekan yang bekerja pada dunia perbankan dan leasing. Kedua, pihak penjual menawarkan data KK dan NIK pada media sosial dan mendatangi counter ponsel kemudian memasukkan calon pembeli ke grup Whatsapp dan dilanjutkan dengan melakukan aktivasi. Pada dasarnya, hukum Ekonomi Syariah dan hukum positif telah melarang transaksi jual beli KK dan NIK. Namun, kurangnya kesadaran masyarakat Banjarmasin akan data pribadi, lemahnya iman seseorang serta belum adanya undang-undang khusus yang mengatur tentang perlindungan data pribadi menjadikan bisnis semacam ini semakin menjamur.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 24 Mar 2021 00:09
Last Modified: 24 Mar 2021 00:09
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15978

Actions (login required)

View Item View Item