EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

KEBIJAKAN PENYIANGAN BAHAN PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) ANTASARI BANJARMASIN

Yumnasri, Hana Septi Dwi (2021) KEBIJAKAN PENYIANGAN BAHAN PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) ANTASARI BANJARMASIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (135kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (827kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (489kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penyiangan merupakan kegiatan pengembangan bahan pustaka upaya untuk penyegaran bagi koleksi yang rusak atau sudah tidak layak pakai untuk pemustaka. Dalam penelitian ini ditekankanbagaimana kebijakan penyiangan bahan pusataka di Perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin, kemudian untuk mengetahui prosedur apa saja yang biasa dilakukan saat kegiatan penyiangan, serta apa saja yang menjadi kendala dalam kegiatan penyiangan bahan pustaka di Perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin. Kegiatan penyiangan dilakukan agar koleksi koleksi yang tersedia lebih mutakhir, dan up to date serta dapat menjadi kepuasan bagi pengguna. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa, observasi (pengamatan), wawancara, dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan validitas data dengan teknik tringulasi data. Dalam penelitian peneliti terjun langsung kelapangan untuk mencari informasi baik yang diamati, diteliti maupun pengamatan yang dilakukan, dan informasi yang didapat dari beberapa informan. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Perpustakaan UIN Antasari sekaligus Dosen Ilmu Perpustakan, dan pustakawan bagian restorasi. Adapun yang menjadi objek penelitian ini ialah Kebijakan penyiangan bahan koleksi di Perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari simpulan yang didapat penyiangan bahan pustaka dilakuakn pada saat kegiatan shelving berlangsung, penyiangan dilkukan dengan cara memilih bahan koleksi yang termasuk rusak berat maupun ringan. Koleksi yang rusak dapat ditarik langsung dari rak buku kemudian diserahkan dibagian perbaikan yaitu bagian restorasi. Adapun kebijakan penyiangan diperpustakaan masih belum tertulis, sehingga penyiangan hanya dilakukan secara spontanitas saja.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LA History of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 09 Jul 2021 00:55
Last Modified: 09 Jul 2021 00:55
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16426

Actions (login required)

View Item View Item