EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

HAK ILA DALAM PERSPEKTIF GENDER (ANALISA KEADILAN MENURUT HUKUM ISLAM)

Mubarak, Muhammad Zaki (2021) HAK ILA DALAM PERSPEKTIF GENDER (ANALISA KEADILAN MENURUT HUKUM ISLAM). Tesis, Pascasarjana. (Unpublished) (Unpublished) (Unpublished)

[img] Text
Keaslian Tulisan.pdf

Download (17kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (76kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (99kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (144kB)

ABSTRAK

Tekstualnya Ila adalah hak suami tanpa bisa digugat oleh Istri. Dalam konstitusi Indonesia tidak ada satu pasalpun yang menjelaskan tentang hukum ila. Tudingan pihak Barat, ila sarat dengan subordinasi atas kaum perempuan. Ila dideskripsikan tidak mengusung kesetaraan gender dan keadilan dalam hukum Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai ila, fungsi ila, dalam relasinya dengan gender. Yang disandingkan dengan keadilan dipandang dengan perspektif keadilan hukum Islam, kemudian dianalisa dan disimpulkan apakah benar ila sesuai dengan yang ditudingkan kaum Barat, dan apakah ila hukum yang ada pada zaman Rasulullah masih memenuhi keadilan bagi para pihak dalam ila. Jenis penelitian ini adalah penelitian normatif. Metode dalam penelitian ini adalah library research, penelitian ini berkaitan dengan hukum atau biasa dipanggil dengan legal research. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan statue aprroach dan conceptual approach, yaitu konsep ila, gender, dan keadilan dalam Islam. Bahan hukum dalam penelitian ini didapatkan dari literatur atau pustaka. Pengumpulan bahan hukum dengan menggunakan study documenter. Metode analisisnya menggunakan content analysis. Ila daam kajian gender tidak selalu ditujukan untuk menzalimi istri, adakalanya ila digunakan untuk mendidik. Dalam kajian gender sangat terasa keadilan dalam hukum ila yang diperkenalkan Islam dibandingkan apa yang ada dalam zaman jahiliyah, sehingga apa tudingan kaum Barat mengenai ila yang bias gender adalah salah. Tetapi, hukum ila yang telah mengangkat harkat martabat kaum perempuan di masalalu belum bisa memenuhi keadilan bagi perempuan masa sekarang, disebabkan cepatnya arus perubahan sosial khususnya pada kaum perempuan, dan tidak adanya hak sumpah ila oleh istri bila tujuannya adalah untuk mendidik istrinya, karena itu jatuhnya adalah nusyuz dalam kajian normatif. Seperti halnya ila yang tidak serta merta menjadi hukum haram, maka dalam kajian gender tidak serta merta nusyuz istri yang mengila suaminya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
K Law > K Law (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Users 6417 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2021 00:52
Last Modified: 28 Jul 2021 00:52
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16604

Actions (login required)

View Item View Item