EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

DIMENSI SUFISTIK DALAM PRAKTIK TATAMBA BANYU OLEH GURU SYAIROZI DI DESA ANTASAN SENOR KABUPATEN BANJAR

Hamlan, Hamlan (2021) DIMENSI SUFISTIK DALAM PRAKTIK TATAMBA BANYU OLEH GURU SYAIROZI DI DESA ANTASAN SENOR KABUPATEN BANJAR. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (185kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (824kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (675kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Praktik batatamba merupakan salah satu warisan budaya urang Banjar Kalimantan Selatan yang oleh sebagian masyarakat setempat masih mereka lakoni untuk menuju sehat, baik jasmani maupun rohani. Pasalnya sejak zaman nenek moyang tempo dulu kesehatan jasmani dan rohani sesuatu yang sangat berharga dan mahal sekali karena mempunyai nilai tiada terhingga bagi kesempurnaan hidup dan kehidupan seseorang. Sebagai contoh, di Desa Antasan Senor, Martapura Kabupaten Banjar ada Tuan Guru Syairozi. Kepada Guru Syairozi, setiap hari banyak masyarakat yang antri meminta banyu untuk berbagai macam penyakit, terutama penyakit kronis yang sulit disembuhkan, atau penyakit yang dianggap sebagai perbuatan orang lain sejenis santet. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui prosesi batatamba banyu oleh Guru Syairozi dan dimensi sufistik mengenai praktik batatamba banyu. Objek penelitiannya ialah rumah Guru Syairozi Desa Antasan Senor, Kabupaten Banjar, Martapura Provinsi Kalimantan Selatan, dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumenter. Temuan penelitian ini adalah praktik batatamba banyu ini awal mulanya dipraktikkan oleh ayah Guru Syairozi sendiri (KH. Marhasani). Kemudian pada tahun 1998, ayah beliau berpulang ke rahmat Allah (meninggal). Setelah empat puluh hari pasca meninggalnya ayah beliau, maka praktik batatamba banyu diteruskan oleh beliau. Sampai sekarang ini Guru Syairozi sudah menjalankan praktik batatamba banyu ini kurang lebih dua puluh tiga tahun. Penyembuhan Guru Syairozi menggunakan metode sufi healing yang memandang al-maqâmât dalam tasawuf dapat dijadikan sebagai konsep dasar bagi penyembuhan berbagai penyakit, terutama mental dan dapat juga dijadikan sebagai sumber penyembuhan penyakit fisik. Konsep al-maqâmât yang digunakan beliau untuk menasehati masyarakat yang ditreatment adalah taubat, sabar, tawakkal, qana’ah, wara’, zuhud dan ridha.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LA History of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 03 Aug 2021 01:51
Last Modified: 03 Aug 2021 01:51
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16725

Actions (login required)

View Item View Item