EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

INTERAKSI ANTAR PENDIDIKAN KELUARGA DAN SEKOLAH (STUDI KASUS SISWA SD ISLAM IHYA ULUMUDDIN NUR SUFI’IYAH AMUNTAI KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA)

Thaiyibah, Rizkan (2021) INTERAKSI ANTAR PENDIDIKAN KELUARGA DAN SEKOLAH (STUDI KASUS SISWA SD ISLAM IHYA ULUMUDDIN NUR SUFI’IYAH AMUNTAI KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
keaslian Rizkan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Awal tesis rizkan.pdf

Download (445kB)
[img] Text
ABSTRACT RIZKAN.pdf

Download (7kB)
[img] Text
Bab I Rizkan.pdf

Download (474kB)
[img] Text
Bab II Rizkan Thaiyibah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB)
[img] Text
Bab III Rizkan.pdf

Download (258kB)
[img] Text
Bab IV Rizkan Thaiyibah.pdf

Download (799kB)
[img] Text
Bab V Rizkan.pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text
Lampiran Terjemah.pdf

Download (70kB)
[img] Text
riwayat hidup.pdf

Download (169kB)

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa Guna Pembentukan SDM yang berkualitas dan berakhlaqul karimah, tentulah peran dari orang-orang disekitar anak sangat berpengaruh terhadap perkembangannya.Pendidikan sebagai usaha membentuk pribadi manusia harus melalui proses yang panjang, hal yang tidak dapat diketahui dengan segera, berbeda dengan membentuk benda mati yang dapat dilakukan sesuai dengan keinginan pembuatnya.Pembiasaan pada pendidikan anak sangatlah penting, khususnya dalam pembentukan pribadi dan akhlak. Pembiasaan agama akan memasukan unsur-unsur positif pada pertumbuhan anak. Semakin banyak pengalaman agama yang didapat anak melalui pembiasaan, maka semakin banyak unsur agama dalam pribadinya dan semakin mudahlah ia memahami ajaran agama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis bagaimana Interaksi Antar Pendidikan Keluarga Dan SekolahSD Islam Ihya Ulumuddin Nur Sufi‟iah Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara Di harapkan dari hasil penelitian ini dapat digunakan untuk mengetahui pendidikan anak di rumah dan untuk mengetahui interaksi pendidikan orangtua dengn sekolah tempat siswa belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian SD Islam Ihya Ulumuddin Nur Sufi‟iah Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi (pengamatan), dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan. Dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Interaksi antar pendidikan keluarga dan sekolah siswa SD Islam Ihya Ulumuddin Nur sufi‟iyah Amuntai Di kabupaten Hulu Sungai Utara meliputi : Melakukan kegiatan parenting education (melibatkan sekolah dan orangtua), Melakukan kegiatan home visit (kunjungan ke rumah siswa), Melakukan rapat yang diselenggarakan pihak sekolah dengan mengundang orangtua, dan Memberikan buku penghubung untuk kegiatan siswa di rumah. 2) Gambaran pendidikan keluarga dan sekolahdi SD Islam Ihya Ulumuddin Nur Sufi‟iyah Amuntai Di kabupaten Hulu Sungai Utara dan kendalanya meliputi memberikan tuntunan dan arahan, memberikan motivasi (dorongan), memberikan perhatian, dan memberikan contoh keteladanan. Kendalannya meliputi: waktu orangtua bersama anak, Orangtua sebagai teladan, Pengaruh teman sepermainan juga perlu pengawasan dari orangtua, Komunikasi dengan orangtua, Kunjungan rumah, Laporan berkala. 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam interaksi pendidikan keluarga dan SD Islam Ihya Ulumuddin Nur sufi‟iyah Amuntai Di kabupaten Hulu Sungai Utara yaitu: Latar belakang pendidikan orangtua. Tingkat sosial ekonomi, waktu yang tersedia dari orangtua terhadap anak, serta, lingkungan Sekitar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 03 Aug 2021 23:27
Last Modified: 03 Aug 2021 23:27
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16760

Actions (login required)

View Item View Item