EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENERAPAN TATA TERTIB PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SANTRI DI PONDOK PESANTREN SABILAL MUHTADIN, PONDOK PESANTREN AL-IBROHIMIYAH DAN PONDOK PESANTREN TAHFIZHUL QUR’AN DARUL IMAN.

Muchlis, Muchlis (2021) PENERAPAN TATA TERTIB PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SANTRI DI PONDOK PESANTREN SABILAL MUHTADIN, PONDOK PESANTREN AL-IBROHIMIYAH DAN PONDOK PESANTREN TAHFIZHUL QUR’AN DARUL IMAN. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN - MUCHLIS.pdf

Download (178kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (961kB)
[img] Text
ABSTRAK - MUCHLIS.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (663kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Penerapan tata tertib pondok pesantren, khususnya dalam meningkatkan disiplin santri, dari berbagai macam banyaknya para santri terkadang tidak seluruh santri yang bisa disiplin dalam mematuhi sebuah aturan pondok, bisa dikatakan kurang atau tidak mentaati sebuah peraturan tersebut kemungkinan faktor yang mempengaruhinya. Peraturan semestinya harus ditaati, namun tidak seluruh santri yang bisa mendisiplinkan dirinya dalam mentaati peraturan yang sudah ada. Dengan demikian, dalam hal ini tentunya yang menjadikan para santri disiplin atau tidak disiplin dalam mentaati sebuah peraturan asrama ada sebabnya, baik itu faktor yang berasal dari dalam jati dirinya atau faktor dari orang lain atau lingkungan. Di pondok pesantren tersebut diterapkan tata tertib pondok namun santri tidak lepas dari pada pelanggaran sehingga penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang penerapan tata tertib pondok dalam meningkatkan disiplin santri, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan tata tertib pondok pesantren yang ada pada 3 pondok tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode diskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan menggunakan sumber data dari santri Pondok Pesantren Sabilal Muhtadin, Ibrohimiyah dan Tahfizhul Qur’an Darun Iman. Selanjutnya, data di analisis dengan kualitatif diskriptif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi, dan pengecekan keabsahan data dilakukan triangulasi. Dari hasil penelitian menunjukkan : Bahwasanya bentuk tata tertib pondok pesantren yang ada di Pondok Pesantren Sabilal Muhtadin, Ibrohimiyah dan Tahfizhul Qur’an Darun Iman, dari ketiga pondok pesantren tersebut memiliki tata tertib yang tertulis pada masing-masing pondok pesantren. Tata tertib di pondok pesantren yang memiliki poin-poin aturan yang paling banyak adalah dipondok pesantren Ibrohimiyyah dan pondok pesantren Sabilal Muhtadin dan yang sedikit pondok pesantren Tahfizhul Qur’an Darun Iman, adapun penerapan tata tertib pondok dalam mendisiplinkan santri di Pondok Pesantren Sabilal Muhtadin, Ibrohimiyah dan Tahfizhul Qur’an Darun Iman yaitu dapat meningkatkan disiplin santri melalui dari organisasi pelaksanaan penerapan tata tertib, sosialisasi tata tertib pondok pesantren kepada santri, pelaksanaan penerapan tata tertib disiplin di pondok pesantren, evaluasi penerapan tata tertib dalam mendisiplin santri di pondok pesantren, dan pemberian hukuman kepada pelanggar tata tertib pondok pesantren dan hadiah bagi santri yang taat dengan peraturan tata tertib. .

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 19 Jan 2022 04:19
Last Modified: 19 Jan 2022 04:19
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17943

Actions (login required)

View Item View Item