EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penerapan Pembelajaran Online Akidah Akhlak Kelas Xi Madrasah Aliyah Negeri Tanah Bumbu

Anisa, Siti (2022) Penerapan Pembelajaran Online Akidah Akhlak Kelas Xi Madrasah Aliyah Negeri Tanah Bumbu. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (203kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (802kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (756kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Akidah Akhlak memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari hal ini harus diperhatikan dengan baik oleh guru Akidah Akhlak khususnya. Oleh karena itu proses pembelajaran pada tingkat MA membutuhkan kreatifitas guru agar peserta didik tidak merasa bosan dengan materi yang disampaikan oleh guru karena menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai dan meningkatkan minat peserta didik terhadap pembelajaran Akidah Akhlak. Guru Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri Tanah Bumbu telah menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran Akidah Akhlak. Karena adanya masa Pandemi covid 19 maka pembelajaran pun dilakukan lewat serba Online, dimulai dari guru guru yang memberi tugas lewat grup wa atau lewat akun media atau pembelajaran Online yang diberikan oleh guru kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran Akidah Akhlak dalam pelaksanaan melalui Online. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan ( field research), yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif yakni pendekatan yang lebih menekankan analisisnya. Subjek dalam penelitian ini ada satu orang guru Akidah Akhlak dan peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Tanah Bumbu. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan pembelajaran Online Akidah Akhlak. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penyajian data dapat diketahui bahwa guru Akidah Akhlak dalam pelaksanaan pembelajaran Online di Madrasah Aliyah Negeri Tanah Bumbu menggunakan strategi pembelajaran pemberian tugas via Whatsapp grup. Ada tiga tahapan dalam pelaksanaan pembelajaran Online Akidah Akhlak. Pertama, perencanaan yaitu tahap perencanaan di sini menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran supaya kegiatan itu dapat berjalan lancar sesuai dengan prosedur. Kedua, pelaksanaan yaitu bahwa kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara Online dengan menggunakan via Whatsapp dan proses pelaksanaan dilakukan dengan pengiriman tugas setiap hari oleh guru Akidah Akhlak. Seperti yang dilaksanakan oleh guru Akidah Akhlak kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Tanah Bumbu. Ketiga, evaluasi dilakukan setelah bab pembelajaran selesai dan itu berupa pertanyaan essay, pilihan ganda, dan pertanyaan langsung di tempat. Faktor pendukung yaitu sarana prasarana dan kuota yang dimiliki, serta faktor penghambat yaitu kurang maksimalnya pembelajaran Online.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 07 Feb 2022 03:01
Last Modified: 07 Feb 2022 03:01
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18292

Actions (login required)

View Item View Item