EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

HUKUM MENERIMA HADIAH DARI PINJAMAN PERSPEKTIF MAZHAB SYAFI’I DAN HAMBALI.

MAGHFIRAH, NADYA ILA (2022) HUKUM MENERIMA HADIAH DARI PINJAMAN PERSPEKTIF MAZHAB SYAFI’I DAN HAMBALI. Skripsi, SYARIAH.

[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (64kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (550kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (81kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (84kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (935kB)

ABSTRAK

Penelitian ini bermula dari masalah yang muncul akibat bias hukum aliran mazhab di kalangan muslimin terhadap hukum sujud yang terhalang sesuatu sebab masing-masing aliran mazhab terkadang berbeda dalam penerapan hukumnya. Meskipun sumber utama yang digunakan oleh mereka berasal dari quran dan hadis yang sama namun peran pemikiran aliran-aliran mazhab ini juga ikut berperan penting dalam penerapan hukum-hukum syariat Islam. Kemudian untuk menyikapi stigma prihal perbedaan yang hadir ketika terjadi sebuah kontroversi antar aliran mazhabiah khususnya untuk kasus menerima hadiah dari pinjaman maka diperlukan penelitian yang lebih dalam terkait pendapat dan dalil-dalil yang disampaikan sehingga kaum muslimin dapat melaksanakn ibadah sesau dengan aturan ajaran yang berlaku. Sifat penelitian ini adalah deskriptif-analitif-komparatif, yaitu penelitian yang berusaha menjabarkan menganalisa dan mengklarifikasi dalam pembahasan skripsi ini penyusun menggunakan pendekatan yuridis-hukum normatif.adapun penelitian ini termasuk jenis penelitian pustaka (library research). Sesuai dengan objek penelitiannya maka teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penelaah terhadap literatur mazhab fiqh dan literatur lainnya yang terkait dengan masalah yang diteliti, kemudian data-data tersebut akan diolah dan dijadikan bahan utama untuk memenuhi target penelitian yang hendak dicapai. Pandangan mazhab Syafi’i terhadap hukum menerima hadiah dari pinjaman yaitu bahwa boleh memberi hadiah akan tetapi makruh atau tidak terdapat dua riwayat. Dalam hal ini mazhab Syafi;i mutlak membolehkan menerima hadiah dari pinjaman hal ini dikarenakan mazhab Syafi’i mengambil dalil al-quran surah Q.S Al-Baqarah ayat 177 Sedangkan pandangan mazhab Hambali terhadap hukum menerima hadiah dari pinjaman yaitu ketika seseorang yang berhutang memberikan hadiah kepada pemberi hutang setelah pelunasan atau memberikan tambahan tanpa adnya kesepakatan sebelumnya, maka terdapat dua riwayat yang pertama bolehnya tambahan tersebut,yang kedua haramnya tambahan tersebut dan ketika seseorang yang dikenal dengan memberikan tambahan ketika pengembalian tidak makruh untuk meminjaminya.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 10 Feb 2022 00:53
Last Modified: 10 Feb 2022 00:53
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18362

Actions (login required)

View Item View Item