EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

STRATEGI DAKWAH TAKMIR MASJID DALAM KEGIATAN MAJELIS TAKLIM DI MASJID NURUL IMAN KELURAHAN INDRASARI KABUPATEN BANJAR

Khasogi, Muhammad Adhanan (2022) STRATEGI DAKWAH TAKMIR MASJID DALAM KEGIATAN MAJELIS TAKLIM DI MASJID NURUL IMAN KELURAHAN INDRASARI KABUPATEN BANJAR. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (470kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (638kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan keagamaan majelis taklim yang berada di masjid Nurul Iman Kelurahan Indrasari Kabupaten Banjar. Pada kegiatan ini masih perlu adannya pembenahan pada proses berlangsungnya kegiatan tersebut, perlunya pemahaman kepada takmir masjid selaku panitia majelis taklim akan adanya strategi dakwah yang perlu di terapkan secara menyeluruh kapada kegiatan tersebut. Kegiatan majelis taklim yang ada di masjid Nurul Iman yakni kegiatan Ceramah Agama dan kegiatan peringatan Hari Besar Islam. Permasalahan yang di teliti berkaitan dengan strategi dakwah takmir masjid dalam kegiatan majelis taklim serta menggali apa saja faktor pendukung dan pengahambat dalam kegatan majelis taklim yang dilaksanakan di masjid Nurul Iman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif atau disebut penelitian lapangan (Fiel research), penelitian ini merupakan pengamatan secara langsung ke lokasi penelitian. Peneliti akan mengamati,, mengobservasi, mewawancarai dan mendokumetasikan. Subjek yanng diteliti adalah pengurus takmir masjid dan remaja masjid Nurul Iman serta jemaah majelis taklim. Setelahnya peneliti akan menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian yang telah diperoleh oleh peneliti berupa strategi dakwah takmir masjid dalam kegiatan majelis taklim yang sudah lengkap dan bagus, baik segi penerapan strategi dakwah, pelayanan takmir masjid serta upaya menarik simpatik masyarakat untuk ikut serta dalam kegiatan majelis taklim. Serta faktor faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan majelis taklim. Tugas takmir masjid Nurul Iman yaitu mengupayakan kelancaran dan memberikan pelayanan dalam kegiatan majelis taklim baik itu keamanan, sarana dan prasaranan, pemilihan materi dan metode yang digunakan serta konsumsi untuk para jemaah dan dai. Dari upaya tersebut juga merupakan strategi dakwah untuk pendekatan dan menarik simpatik masyarakat. Adapun fakor pendukung dalam kegiatan majelis taklim di masjid Nurul Iman adalah sumber daya manusia yang cukup kompeten, dana yang mencukupi serta sarana dan prasrana yang memadai. Dalam mencegah faktor penghambat, takmir masjid selalu menjaga kebersihan masjid, mempersiapkan konsep dan pembagian tugas sebelum kegiatan dilaksanakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 07 Mar 2022 00:37
Last Modified: 07 Mar 2022 00:37
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18671

Actions (login required)

View Item View Item