EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

HOME-SCHOOL PARTNERSHIPS PADA SEKOLAH ISLAM UNGGUL (Studi Pada SDIT Nurul Fikri dan Al Firdaus)

Nurhayati, Febria (2022) HOME-SCHOOL PARTNERSHIPS PADA SEKOLAH ISLAM UNGGUL (Studi Pada SDIT Nurul Fikri dan Al Firdaus). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
1. Pernyataan Keaslian tulisan.pdf

Download (721kB)
[img] Text
2. Awal.pdf

Download (836kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (118kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (733kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (816kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (352kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (435kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (353kB)
[img] Text
10. Lampiran.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 7, pasal 8 dan pasal 54 yang intinya berisi tentang hak orang tua dan masyarakat untuk berperan serta sebagai sumber, pelaksana dan pengguna hasil pendidikan, dan latar belakang tersebut juga diperkuat dengan regulasi terbaru oleh peraturan menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 30 Tahun 2017 tentang Pelibatan Keluarga pada Penyelengaraan Pendidikan pasal 2 dengan tujuan mendorong penguatan pendidikan karakter anak dan membangun sinergis antara satuan pendidikan, keluarga dan masyarakat. Terdapat tipe pengembangan hubungan sekolah keluarga yaitu pengasuhan, komunikasi, sukarelawan, pengambilan keputusan dan berkolaborasi dengan masyarakat. Fokus penelitian ini adalah bagaimana sekolah dalam membangun kemampuan pengasuhan, komunikasi, sukarelawan, pengambilan keputusan dan berkolaborasi dengan masyarakat pada Sekolah Islam Unggul di Banjarmasin. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian multi situs. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian berlokasi di SDIT Nurul Fikri dan AlFirdaus. Subjek penelitian yaitu 2 kepala sekolah, 12 guru per jenjang kelas dan 12 orang tua siswa per jenjang kelas. Objek penlitian yaitu hubungan sekolah rumah. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi dan member check. Hasil penelitian bahwa (1) dalam membangun kemampuan pengasuhan orang tua terhadap anaknya yaitu adanya pertemuan khusus yang menjadi agenda rutin untuk membahas ilmu parenting; menyelipkan materi parenting pada setiap agenda pertemuan; (2) dalam membangun komunikasi yang efektif yaitu menyediakan wadah komunikasi seperti grup Whatsapp bersama wali kelas; adanya organisasi orang tua seperti komite sekolah dan komite kelas/ paguyuban; terbuka akan saran setiap agenda pertemuan dan merealisasikan saran tersebut; adanya kunjungan rumah. (3) dalam membangun keterlibatan orang tua agar menjadi sukarelawan untuk kegiatan sekolah yaitu menyampaikan program sekolah diawal semester dan mengundang orang tua ikut serta dalam kegiatan seperti market day, bazar, dan outing. (4) dalam membangun kolaborasi dengan masyarakat untuk mendukung kegiatan sekolah yaitu seperti kerjasama dengan Puskesmas untuk Imunisasi dan juga kepolisian membantu pengamanan kegiatan milad sekolah. Berperan sebagai perantara kegiatan sosial untuk masyarakat sekitar dengan Kotak Amal Indonesia. (5) dalam membangun keterlibatan orang tua untuk pengambilan keputusan yaitu memberikan kebebasan kepada orang tua dalam memilih keputusan mereka seperti kegiatan Wisuda dan Outing.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 10 Mar 2022 01:28
Last Modified: 10 Mar 2022 01:28
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18722

Actions (login required)

View Item View Item