EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Keterampilan Guru Fiqh dalam Menggunakan Variasi pada Pembelajaran Daring di MAN 1 Banjarmasin

Putri, Reka Sarmila (2022) Keterampilan Guru Fiqh dalam Menggunakan Variasi pada Pembelajaran Daring di MAN 1 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (407kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (502kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penggunaan variasi dalam strategi pembelajaran yang dilakukan untuk menjadikan proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan tidak membosankan apalagi pada saat daring dikarenakan suatu pandemi Covid-19. Selain itu juga, untuk mengetahui seberapa jauh siswa dalam menguasai materi yang telah diajarkan dan untuk memecahkan masalah yang belum diketahui oleh siswa terlebih dalam mata pelajaran fiqh yang mengkaji tentang ibadah dan hukum-hukum Islam. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keterampilan seorang guru fiqh dalam menggunakan variasi pada pembelajaran daring di MAN 1 Banjarmasin yang meliputi variasi dalam cara mengajar, variasi dalam penggunaan media dan alat pengajaran, serta variasi pola interaksi dan kegiatan siswa. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru fiqh dan siswa MAN 1 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dan diolah kemudian diuraikan dalam penyajian data dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahuui bahwa keterampiilan guru fiqh dalam menggunakan variasi pada pembelajaran daring di MAN 1 Banjarmasin baik variasi dalam cara mengajar, variasi dalam penggunaan media dan alat pengajaran serta variasi pola interaksi dn kegiatan siswa sudah dilakukan dengan bervariasi. Variasi dalam cara mengajar guru tidak semata-mata hanya memberikan tugas saja tetapi variasikan dengan tanya jawab antar siswa dan guru. Penggunaan media dan alat pengajaran pada mata pelajaran fiqh di MAN 1 Banjarmasin menggunakan media berupa WhatsApp, Classroom serta E-learning. Begitu juga dalam pola interaksi siswa dan guru sudah terjalin dengan baik, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya apabila tidak mengerti dalam materi yang diajarkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 14 Mar 2022 01:00
Last Modified: 14 Mar 2022 01:00
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18743

Actions (login required)

View Item View Item