EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGARUH GAYA HIDUP DAN KEBERADAAN KEDAI KOPI TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MAHASISWA DI BANJARMASIN

Rifqi, Muhammad (2022) PENGARUH GAYA HIDUP DAN KEBERADAAN KEDAI KOPI TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MAHASISWA DI BANJARMASIN. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_Muhammad Rifqi.pdf

Download (151kB)
[img] Text
AWAL_Muhammad Rifqi.pdf

Download (761kB)
[img] Text
ABSTRAK_Muhammad Rifqi.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I_Muhammad Rifqi.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB II_Muhammad Rifqi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
BAB III_Muhammad Rifqi.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB IV_Muhammad Rifqi.pdf

Download (609kB)
[img] Text
BAB V_Muhammad Rifqi.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Muhammad Rifqi.pdf

Download (18kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN_Muhammad Rifqi.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini diambil dilatarbelakangi dengan fenomena yang terjadi di banjarmasin, minum kopi sudah menjadi gaya hidup lifestyile baik kalangan elit, menengah, maupun menengah kebawah salah satunya adalah mahasiswa. karena alasan ini juga banyak tumbuh kedai kopi di banjarmasin hampir di setiap sudut jalan kota. Dengan budaya tersebut peneliti ingin mengetahui perilaku keuangan mahasiswa tersebut. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah variabel pengaruh gaya hidup dan keberadaan kedai kopi mempengaruhi perilaku keuangan mahasiswa di Banjarmasin. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Dari jumlah populasi 47681 mahasiswa Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik ramdom sampling dengan rumus slovin mendapatkan 100 responden, dari mahasiswa universitas islam negri antasari Banjarmasin, universitas islam kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari, dan universitas lambung mangkurat banjarmasin. Data dianalisis dengan uji validitas, realibilitas, uji asumsi klasik, uji f, uji t, dan uji regresi linier berganda untuk mengetahui hasil secara parsial dan simultan dengan bantuan SPSS 22 for windows. Indiktor yang digunakan untuk melihat perilaku keuangan mahasiswa di banjarmasin adalah dari berapa kali pergi ke kedai kopi dengen jumlah pengeluarannya dan apa yang mempengaruhinya untuk pergi tersebut. hasil penelitian menunjukkan secara simultan berpengaruh positif yang signifikan. Hasil dari uji f tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel pengaruh gaya hidup (X1) dan keberadaan kedai kopi (X2) memperoleh Fhitung 61,554 > Ftabel 3,09. Dan secara parsial gaya hidup (X1) dan keberadaan kedai kopi (X2) secara individu hanya gaya hidup yang memiliki pengaruh secara signifikan. Dengan hasil uji t gaya hidup (X1) thitung 7,775 > ttabel 1,984 dan keberadaan kedai kopi (X2) thitung 1,485 < ttabel 1,984. dalam uji koefesien determinasi (R2 ) dari penelitian ini sebesar 0,550 Sehingga dapat diakatakan bahwa pengaruh gaya hidup dan keberadaan kedai kopi memiliki pengaruh dan berdampak negatif terhadap perilaku keuangan mahasiswa di banjarmasin.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 22 Apr 2022 06:20
Last Modified: 22 Apr 2022 06:20
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19098

Actions (login required)

View Item View Item