EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

HUBUNGAN ANTARA SELF DISCLOSURE DENGAN TRUST PADA SUAMI DAN ISTRI DI KOTA BANJARMASIN

Herliana, Herliana (2022) HUBUNGAN ANTARA SELF DISCLOSURE DENGAN TRUST PADA SUAMI DAN ISTRI DI KOTA BANJARMASIN. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (889kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (772kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (67kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (225kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (548kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (36kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Pasangan suami istri yang tidak mampu menghadapi konflik dalam pernikahan tidak sedikit yang pada akhirnya memutuskan mengakhiri hubungan pernikahanmereka. Konflik terjadi dikarenakan berbagai penyebab, salah satunya adalah dikarenakan masalah kurangnya rasapercaya. Kepercayaan atau trust merupakan salah satu prasyarat bagi para suami dan istri agar keduanya dapat saling terbuka dalam menjalani kehidupan berumah tangga. Jika dalam hubungan pernikahan tidak ada bentuk pembukaan diri atau self disclosure maka akibatnya adalah mungkin seorang pasangan akan memiliki perasaan kurang percaya terhadap pasangannya, dikarenakan banyaknya informasi yang tidak diketahui oleh pasangan sehingga akan menjadi cikal bakal pertengkaran dalam hubungan pernikahan bahkan dapat berujung pada perceraian.Dari latar belakang itulah tujuan penelitian ini untuk mengetahui “adakah hubungan antara self disclosure dengan trust pada suami dan istri dalam hubungan pernikahan di Kota Banjarmasin.” Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 120 orang yang terdiri dari 60 orang suami dan 60 orang istri yang berada di Kota Banjarmasin dengan rentang usia 17- 50 tahun dan dalam status menikah. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan teknik quotasampling dan insidentalsampling. Instrumen penelitian menggunakan skala likert dan untuk pembuatan skala self disclosure yang dibuat sendiri telah direvisi oleh Professional Judgment berdasarkan aspek selfdisclosure dari (Magno,dkk 2008) dan untuk skala trust diadopsi dari skala trust in close relationship scale dari (Rempel, dkk 1985). Kedua skala ini telah diuji validitas dan reliabilitas yang menunjukkan hasil valid (rxy > r tabel 0.312) dan sangat reliabel dengan nilai reliabilitas 0.932 ubtuk skala self disclosure dan 0,839 untuk skala trust. Adapun hasil uji validitas Analisis data yang digunakan adalah uji statistik Pearson Correlation Product Moment menggunakan SPSS 20.0 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka diperoleh: 1) Tingkat self disclosure pada suami dan istri di Kota Banjarmasin yaitu 29 subjek (24,2%) pada tingkat self disclosure yang tinggi, 82 subjek (68,3%) pada kategori sedang, dan 9 subjek (7,5%) pada kategori tingkat self disclosure yang rendah. 2). Sedangkan untuk tingkat trust menunjukkan 28 subjek (23,3%) memiliki tingkat trust yang tinggi, 81 subjek (67,5%) pada tingkat sedang, dan 11 subjek (9,2%) pada tingkat yang rendah. 3). Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai koefisien korelasi yaitu r = 0,615 dan nilai p = 0,000. Yang mana data tersebut menunjukkan terdapathubungan positif yang cukup kuat dan signifikan antara self disclosure dengan trust, yang mana semakin tinggi self disclosure maka akan semakin tinggi trust dalam hubungan pernikahan di Kota Banjarmasin.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 17 May 2022 07:44
Last Modified: 17 May 2022 07:44
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19163

Actions (login required)

View Item View Item