EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

DAKWAH PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNARUNGU) DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI PELAMBUAN BANJARMASIN

Yustina, Hesti Delila (2022) DAKWAH PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNARUNGU) DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI PELAMBUAN BANJARMASIN. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (194kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (827kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (168kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Dakwah adalah suatu proses mengajak dan penyeruan kepada seseorang untuk memberikan informasi keagamaan. Terutama untuk anak berkebutuhan khusus, Dakwah bisa mendorong para anak berkebutuhan khusus lebih mengetahui tentang ajaran-ajaran agama islam. Penelitian ini difokuskan pada bagaimana dakwah pada anak berkebutuhan khusus (tunarungu) di Sekolah Luar Biasa Negeri Pelambuan Banjarmasin dan apa saja faktor pendukung dan hambatan dakwah pada anak berkebutuhan khusus (tunarungu) di Sekolah Luar Biasa Negeri Pelambuan Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik penelitian lapangan atau Field Reserch dan pendekatan deskriptif untuk mengkaji aktivitas tentang dakwah di Sekolah Luar Biasa Negeri Pelambuan Banjarmasin. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa SMP dan SMA tunarungu dan guru agama di Sekolah Luar Biasa Negeri Pelambuan Banjarmasin. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya dalam menganalisis data menggunakan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dari penelitian dakwah pada anak berkebutuhan khusus (tunarungu) di Sekolah Luar Biasa Negeri Pelambuan Banjarmasin diawali oleh pembiasaan da’i terhadap kelakuan mad’u dalam proses pengajaran dikelas. Da’i menyampaikan dakwah sesuai kemampuan mad’u. Praktik yang diterapkan oleh da’i antara lain berdoa, sholat maupun berwudhu. Faktor pendukung dalam dakwah anak berkebutuhan khusus (tunarungu) di Sekolah Luar Biasa Negeri Pelambuan Banjarmasin antara lain: dukungan orang tua, praktik keagamaan, serta motivasi dan semangat. Sedangkan faktor penghambat antara lain: Pendidikan da’i bukan berlatang belakang Pendidikan Luar Biasa (PLB), rendahnya fokus tunarungu, serta sarana dan prasarana yang kurang memadai.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Users 6417 not found.
Date Deposited: 24 May 2022 01:25
Last Modified: 24 May 2022 01:25
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19185

Actions (login required)

View Item View Item