EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENERAPAN MODEL TADZKIRAH PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH SEKABUPATEN BANJAR

Muzdlalifah, Muzdlalifah (2022) PENERAPAN MODEL TADZKIRAH PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH SEKABUPATEN BANJAR. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
tesis Muzdlalifah - pernyataan.pdf

Download (266kB)
[img] Text
tesis Muzdlalifah - awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
tesis Muzdlalifah - abstrak.pdf

Download (7kB)
[img] Text
tesis Muzdlalifah - bab 1.pdf

Download (423kB)
[img] Text
tesis Muzdlalifah - bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] Text
tesis Muzdlalifah - bab 3.pdf

Download (222kB)
[img] Text
tesis Muzdlalifah - bab 4.pdf

Download (480kB)
[img] Text
tesis Muzdlalifah - bab 5.pdf

Download (105kB)
[img] Text
tesis Muzdlalifah - daftar pustaka.pdf

Download (241kB)
[img] Text
tesis Muzdlalifah - lampiran.pdf

Download (6MB)

ABSTRAK

Model tadzkirah merupakan sebuah model untuk menghantarkan murid agar senantiasa memupuk, memelihara dan menumbuhkan rasa keimanan. Model pembelajaran tadzkirah sangat tepat untuk diterapkan pada mata pelajaran Aqidah Akhlah tidak hanya menekankan pada peguasaan siswa terhadap materi pelajaran. Tetapi juga memungkinkan siswa memiliki pengetahuan serta pemahaman dalam mengaplikasikan nilai-nilai Islami itu sendiri. Rumusan masalah membahas tentang bagaimana, dampaknya, hambatan dan solusi pada penerapan model tadzkirah pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Karang Intan, Madrasah Tsanawiyah Nur Rahman dan Madrasah Tsanawiyah Alhamidiyah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), menggunakan pendekatan kualitatif atau disebut juga pendekatan naturalistik., Teknik pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dengan guru Akidah Akhlak serta dokumentasi mengenai hal yang berhubungan dengan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model tadzkirah pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Karang Intan dalam pelaksanaan pembelajaran guru Akidah Akhlak membuat perumpamaan, dengan perumpamaan itu siswa dapat terbentuk untuk menjadi aktif berpengetahuan dengan menggali keilmuan, adanya keterbukaan antara siswa dan guru, serta inkuri pada diri sendiri yaitu rangkaian kegiatan yang menekankan pada siswa untuk berpikir kritis untuk menemukan jawaban melalui interkatif guru. Sedangkan di Madrasah Tsanawiyah Nur Rahman, guru membuat pengelolaan dengan melihat akan reaksi maupun respon yang ditimbulkan setelah pembelajaran berakhir, guru dapat mengidentifikasi siswa yang mana yang harus mendapat arahan serta adanya pembiasaan pembacaan Surah-surah Juz Amma serta mengulang-ulang pembelajaran untuk selalu menambah daya ingat siswa. Pada Madrasah Tsanawiyah Alhamidiyah guru mengedepankan teladan bagi siswa, dengan keteladanan yang contohkan dapat mengembangan moral, emosi dan spiritual siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:59
Last Modified: 23 Jun 2022 01:59
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19426

Actions (login required)

View Item View Item