EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Orangtua Murid Mi Plus Darul Ilmi Banjarbaru Dalam Penanaman Nilainilai Karakter Pada Masa Pandemi Covid-19

Nazmi, Nony (2022) Peran Orangtua Murid Mi Plus Darul Ilmi Banjarbaru Dalam Penanaman Nilainilai Karakter Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (437kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (481kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Peran orangtua sangat penting untuk memberikan dan menanamkan pendidikan karakter kepada anak dimasa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, dikarenakan pembelajaran dilakukan di rumah masing-masing tidak seperti biasanya yang dilakukan di lingkungan sekolah hal ini yang menjadikan guru tidak bisa sepenuhnya memberikan dan menanamkan nilai karakter kepada anak, melainkan peran orangtua yang sangat berperan penting dalam menanamkan nilai karakter kepada anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran orangtua murid MI Plus Darul Ilmi Banjarbaru dalam penanaman nilai-nilai karakter pada masa pandemi Covid-19 dan mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi peran orangtua murid MI Plus Darul Ilmi Banjarbaru dalam penanaman nilai-nilai karakter pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 orangtua murid MI Plus Darul Ilmi Banjrabaru. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orangtua berperan sebagai fasilitator, motivator dan pembimbing, dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius, jujur, disiplin, gemar membaca dan tanggung jawab, ini sudah terlaksana dengan baik. Peran orangtua sebagai fasilitator dapat dilihat dari orangtua menyediakan peralatan ibadah dan peralatan sekolah. Peran orangtua sebagai motivator dilihat dari para orangtua selalu memberikan motivasi kepada anak agar senantiasa semangat dalam beribadah dan semangat dalam belajar. Peran orangtua sebagai pembimbing dilihat dari para orangtua selalu membimbing dan mendampingi anak dalam belajar dan beribadah. Faktor yang mempengaruhi peran orangtua murid MI Plus Darul Ilmi Banjarbaru dalam penanaman nilai-nilai karakter pada masa pandemi Covid-19 adalah faktor berinteraksi dengan anak, faktor keterbatasan penguasaan ilmu dan teknologi, faktor ekonomi keluarga, faktor lingkungan masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 14 Jul 2022 23:57
Last Modified: 14 Jul 2022 23:57
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19607

Actions (login required)

View Item View Item