EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGARUH MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PERPUSTAKAAN TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI PESERTA DIDIK DI SMAN 4 BANJARBARU

Masitah, Masitah (2022) PENGARUH MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PERPUSTAKAAN TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI PESERTA DIDIK DI SMAN 4 BANJARBARU. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN MASITAH.pdf

Download (280kB)
[img] Text
HALAMAN AWAL MASITAH.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK MASITAH.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I MASITAH.pdf

Download (619kB)
[img] Text
BAB II MASITAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img] Text
BAB III MASITAH.pdf

Download (505kB)
[img] Text
BAB IV MASITAH.pdf

Download (758kB)
[img] Text
BAB V MASITAH.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA MASITAH.pdf

Download (421kB)
[img] Text
LAMPIRAN MASITAH.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Perpustakaan sekolah merupakan salah satu bagian dari layanan khusus sekolah yang menjadi aspek utama serta keberadaannya sangat penting. Oleh karena itu, perpustakaan semestinya dikelola dan digunakan secara optimal sehingga tujuan pendidikan disekolah dapat tercapai. Salah satu tujuan pendidikan adalah untuk pembentukan karakter anak bangsa. Adapun karakter yang diharapkan ada pada peserta didik yaitu karakter minat literasi. Namun, saat ini tingkat literasi masyarakat Indonesia berada pada kategori rendah. Salah satu usaha untuk meningkatkan minat literasi serta kunjungan peserta didik ke perpustakaan perlu dilakukan dengan menyediakan sarana dan prasarana perpustakaan yang memadai, sehingga akan berpotensi pada peningkatan kemampuan literasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana keadaan sarana dan prasarana perpustakaan di SMAN 4 Banjarbaru, sejauh mana kemampuan literasi peserta didik di SMAN 4 Banjarbaru, dan untuk mengetahui adakah pengaruh yang simultan secara signifikan manajemen sarana dan prasarana perpustakaan terhadap kemampuan literasi peserta didik di SMAN 4 Banjarbaru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas XII di SMAN 4 Banjarbaru. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuisioner/ angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitaif dengan melaksanakan beberapa uji analisis statistik dengan pendekatan SEM-PLS menggunakan aplikasi smartPLS 3.0. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Manajemen sarana dan prasarana perpustakaan di SMAN 4 Banjarbaru dikategorikan pada kondisi baik, dengan rata-rata jawaban responden sebesar 4,0507; 2) Kemampuan literasi peserta didik di SMAN 4 Banjarbaru berada di kategori tinggi, dengan rata-rata jawaban responden sebesar 4,0372; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan manajemen sarana dan prasarana perpustakaan terhadap kemampuan literasi peserta didik di SMAN 4 Banjarbaru. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan bootstrapping pada program aplikasi SmartPLS yang dilihat dari nilai p value 0,000 < 0,05 dan nilai t value 7,678 > 1,96.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 22 Jul 2022 07:25
Last Modified: 22 Jul 2022 07:25
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19705

Actions (login required)

View Item View Item