EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGGUNAAN HARTA WARISAN SEBAGAI BIAYA SELAMATAN DAN HAULAN ATAS KEMATIAN PEWARIS (STUDI KASUS DI DESA KAYAKAH KECAMATAN AMUNTAI SELATAN KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA)

HAMIDAYANTI, NURUL (2022) PENGGUNAAN HARTA WARISAN SEBAGAI BIAYA SELAMATAN DAN HAULAN ATAS KEMATIAN PEWARIS (STUDI KASUS DI DESA KAYAKAH KECAMATAN AMUNTAI SELATAN KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA). Skripsi, Fakultas Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (332kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (620kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (722kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (634kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (235kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (461kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Nurul Hamidayanti: 180102010118. Penggunaan Harta Warisan Sebagai Biaya Selamatan dan Haulan Atas Kematian Pewaris (Studi Kasus Di Desa Kayakah Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara). Pembimbing: (I) Dra. Hj. Rusdiyah, M.HI (II) Imam Alfiannoor, M.HI pada Program Studi Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah. Skripsi. UIN Antasari Banjarmasin. Kata Kunci: Harta Warisan, Selamatan, Haulan Penelitian ini dilatar belakangi dari adanya praktik masyarakat di Desa Kayakah, Kecamatan Amuntai Selatan yang menggunakan harta warisan untuk biaya selamatan dan haulan atas kematias pewaris. Berdasarkan hukum Faraid}, ketika pewaris meninggal maka harta yang ditinggalkan tersebut akan menjadi harta warisan setelah dikurangi tiga hal yaitu biaya pengurusan jenazah, pembayaran utang, dan pemenuhan wasiat. Harta warisan itu akan berpindah kepada ahli waris yang berhak menerimanya. Namun oleh masyarakat Desa Kayakah Kecamatan Amuntai Selatan harta warisan tersebut digunakan untuk biaya selamatan dan haulan atas kematian pewaris. Penggunaan harta warisan ini ternyata ada salah satu atau beberapa ahli waris yang tidak sepakat namun tetap dilakukan sehingga dalam hal ini ada keterpaksaan dari ahli waris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik dan alasan digunakan harta warisan untuk biaya selamatan dan haulan atas kematian pewaris di Desa Kayakah Kecamatan Amuntai Selatan. Penelitian ini menggunakan penelitian hukum empiris dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Kayakah dengan subjek penelitian adalah lima ahli waris yang melakukan praktik menggunakan harta warisan untuk biaya selamatan dan haulan atas kematian pewaris. Pengumpulan data pada penelitian yaitu wawancara dan dokumenter. Adapun pengolahan data menggunakan teknik editing, deskripsi, dan matriks. Berdasarkan hasil wawancara mengenai penggunaan harta warisan untuk biaya selamatan dan haulan atas kematian pewaris didapatkan informasi bahwa ketika seorang meninggal dan meninggal harta warisan, maka harta warisan tersebut oleh ahli waris akan digunakan untuk biaya selamtan dan haulan pewaris seperti tiga hari, tujuh hari, dua puluh lima hari, empat puluh hari, seratus hari sampai kepada haulan setiap tahunnya. Hal tersebut dilaksanakan karena telah menjadi kebiasaan yang berlaku di Desa Kayakah Kecamatan Amuntai Selatan. Selain itu, beberapa diantaranya melakukan selamatan dan haulan dengan menggunakan harta warisan adalah untuk mendoakan pewaris terlebih jika pewaris ada orang tua dari ahli waris. Ahli waris khawatir tidak ada biaya untuk mengadakan selamatan dan haulan jika tidak menggunakan harta warisan tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 25 Jul 2022 06:44
Last Modified: 25 Jul 2022 06:44
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19726

Actions (login required)

View Item View Item