EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

ANALISIS FAKTOR KERUSAKAN BAHAN PUSTAKA DAN CARA PENANGANANNYA DI PERPUSTAKAAN MTS NEGERI BERAU

Siti Fatimah, Siti Fatimah (2022) ANALISIS FAKTOR KERUSAKAN BAHAN PUSTAKA DAN CARA PENANGANANNYA DI PERPUSTAKAAN MTS NEGERI BERAU. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (71kB)
[img] Text
AWAL .pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (321kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Perpustakaan merupakan tempat menyimpan informasi yang perlu dijaga dan dilestarikan agar bahan pustaka dapat disimpan dalam waktu yang lama, perpustakaan seringkali memiliki koleksi yang terbuat dari kertas seperti buku, surat kabar, serial, naskah, dokumentasi dan bahan cetak lainnya. Skripsi ini membahas tentang analisis faktor kerusakan bahan pustaka dan cara penanganannya di perpustakaan MTs Negeri Berau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kerusakan bahan pustaka di perpustakaan MTs Negeri Berau, dan untuk mengetahui cara penanganan kerusakan bahan pustaka di perpustakaan MTs Negeri Berau. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field reserch (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala perpustakaan, dan 2 orang staf perpustakaan. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah faktor kerusakan bahan pustaka di perpustakaan MTs Negeri Berau, dan cara penanganan kerusakan bahan pustaka di perpustakaan MTs Negeri Berau. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor kerusakan bahan pustaka di perpustakaan MTs Negeri Berau disebabkan oleh 3 faktor yaitu faktor biologi, faktor fisika, dan faktor manusia. Kerusakan yang disebabkan faktor biologi yaitu mampu memusnahkan setumpuk bahan pustaka dalam waktu yang singkat dan kertas berubah menjadi kuning, sedangkan kerusakan yang disebabkan faktor fisika yaitu tumbuhnya jamur, kertas menjadi rapuh, cahaya yang masuk melalui jendela dapat mempengaruhi ketahanan kertas, dan kerusakan yang disebabkan faktor manusia yaitu kurangnya kesadaran siswa dan pengguna lainnya agar tidak merusak bahan pustaka. Adapun cara penanganan kerusakan bahan pustaka yang dilakukan di perpustakaan MTs Negeri Berau, yaitu faktor biologi dengan melakukan penyemprotan menggunakan cairan insektisida, sedangkan faktor fisika dengan menggunakan vacum cleaner, menyalakan kipas angin, dan melakukan pemasangan horden. Faktor manusia, dengan memberikan edukasi atau pemahaman kepada siswa dan pengguna lainnya mengenai pentingnya menjaga bahan pustaka.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 28 Jul 2022 05:49
Last Modified: 28 Jul 2022 05:49
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19765

Actions (login required)

View Item View Item