EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penerapan Sanksi Hukum Terhadap Polisi Yang Mengakibatkan Hilangnya Nyawa Orang Lain Ditinjau Dari Hukum HAM

Dzul Hikmah Aufa Nispuana, Dzul Hikmah Aufa Nispuana (2022) Penerapan Sanksi Hukum Terhadap Polisi Yang Mengakibatkan Hilangnya Nyawa Orang Lain Ditinjau Dari Hukum HAM. Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (124kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (680kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (43kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (780kB)

ABSTRAK

Untuk mengetahui yang melatarbelakangi polisi melakukan perbuatan menghilangkan nyawa orang lain. Untuk mengetahui sanksi menurut Hukum HAM terhadap polisi yang mengakibatkan hilangnya nyawa orang lain.Jenis penelitian yang dipakai adalah jenis penelitian hukum normatif. Penelitian hukum normatif adalah penelitian hukum yang meletakan hukum sebagai bangunan sistem. Sistem norma yang dimaksud adalah mengenai asas-asas, norma, kaidah, dari suatu peraturan perundang-undangan, putusan pengadilan, dan perjanjian serta doktrin. Penelitian hukum normatif dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder. Dilihat dari kasus ini, Polisi dalam melaksanakan tugasnya memang memenuhi ketetuan hukum, namun karena kelalaiannya (culpa) maka mengakibatkan hilangnya nyawa orang lain dan ini dinyatakan memang melanggar HAM dan Kode Etik Polri. HAM merupakan hak-hak yang melekat pada diri manusia, tanpa hak-hak itu manusia tidak dapat hidup selayaknya sebagai manusia. Dilihat dari kasus ini, menurut HAM pelanggaran yang dilakukan oleh oknum Polisi, yang dimana dalam melaksanakan tugasnya terjadi kesalahan dalam menembak saat melakukan tugas penangkapan dan akibat kelalaiannya (culpa) itu, mengakibatkan hilangnya nyawa orang lain. Adapaun dalam perspektif HAM, mau itu disengaja ataupun tidak, tetap dianggap melanggar HAM dan Kode Etik Polri Nomor 2 Tahun 2002. Untuk mengetahui yang melatarbelakangi polisi melakukan perbuatan menghilangkan nyawa orang lain. Untuk mengetahui sanksi menurut Hukum HAM terhadap polisi yang mengakibatkan hilangnya nyawa orang lain.Jenis penelitian yang dipakai adalah jenis penelitian hukum normatif. Penelitian hukum normatif adalah penelitian hukum yang meletakan hukum sebagai bangunan sistem. Sistem norma yang dimaksud adalah mengenai asas-asas, norma, kaidah, dari suatu peraturan perundang-undangan, putusan pengadilan, dan perjanjian serta doktrin. Penelitian hukum normatif dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder. Dilihat dari kasus ini, Polisi dalam melaksanakan tugasnya memang memenuhi ketetuan hukum, namun karena kelalaiannya (culpa) maka mengakibatkan hilangnya nyawa orang lain dan ini dinyatakan memang melanggar HAM dan Kode Etik Polri. HAM merupakan hak-hak yang melekat pada diri manusia, tanpa hak-hak itu manusia tidak dapat hidup selayaknya sebagai manusia. Dilihat dari kasus ini, menurut HAM pelanggaran yang dilakukan oleh oknum Polisi, yang dimana dalam melaksanakan tugasnya terjadi kesalahan dalam menembak saat melakukan tugas penangkapan dan akibat kelalaiannya (culpa) itu, mengakibatkan hilangnya nyawa orang lain. Adapaun dalam perspektif HAM, mau itu disengaja ataupun tidak, tetap dianggap melanggar HAM dan Kode Etik Polri Nomor 2 Tahun 2002.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 28 Jul 2022 06:27
Last Modified: 28 Jul 2022 06:27
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19792

Actions (login required)

View Item View Item