EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PESAN DAKWAH DALAM BUKU LIKA LIKU REZEKI KARYA KH. HUSIN NAPARIN, LC, MA. (KAJIAN RETORIS STRUKTUR KALIMAT)

Syahrul Fiqri, Syahrul Fiqri (2022) PESAN DAKWAH DALAM BUKU LIKA LIKU REZEKI KARYA KH. HUSIN NAPARIN, LC, MA. (KAJIAN RETORIS STRUKTUR KALIMAT). Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (99kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (555kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (67kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (80kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (103kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (73kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

K.H. Husin Naparin Lc. Ma., adalah ulama dan tokoh Islam asal Balangan yang lahir pada Senin, 10 November 1947 M atau 26 Dzul Hijjah 1366 H, telah banyak melahirkan karya tulis dengan gaya retorika tersendiri. Pada tahun 2018, buku serial motivasi yang berjudul Lika Liku Rezeki lahir di Bumi Lambung Mangkurat Kalimantan Selatan lebih tepatnya di Kota Banjarmasin. Salah satu karya tulis beliau ini merupakan risalah kecil yang menguraikan hal-hal yang menyangkut rezeki dalam hidup dan kehidupan dalam perspektif Islam, lebih tepatnya menurut Al-Qur’an dan Al-Hadist. Motivasi lahirnya buku ini lantaran adanya kecemasan terhadap kehidupan manusia yang selalu mengingkan nominal yang banyak dalam mendapatkan apa saja, namun banyak yang lupa bahwa apa yang diperolehnya akan dipertanggungjawabkan di sisi Allah SWT di hari kemudian kelak. Adapaun penulisan buku ini sendiri, pengarang menggunakan gaya retorika berupa bentuk-bentuk struktur kalimat persuasi yang dikemas dalam pesan-pesan dakwah agar pembaca dapat mengaplikasikan pesan-pesan dakwah tersebut dalam kehidupan. Kemudian bentuk persuasi tersebut beliau analogikan dengan cara menceritakan kisah-kisah teladan dan dalil�dalil Al-Qur’an dan Hadist. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh kajian retoris tentang bentuk-bentuk struktur kalimat yang terkandung dalam pesan dakwah pada buku Lika Liku Rezeki. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan wacana teks. Wacana teks ini akan digunakan untuk mengklasifikasikan pesan dakwah pada setiap sturktur-struktur kalimat persuasif dalam buku Lika Liku Rezeki yang akan diteliti. Adapun peneliti menggunakan analisis wacana di sini hanya sebagai pendekatan penelitian saja tidak membahas analisis wacana secara khusus. Untuk mendapatkan data yang valid dalam menggunakan data penelitian, maka peneliti menggunakan teknik metode dokumentasi. Retorika struktur kalimat yang digunakan dalam setiap pesan dakwah yang terkandung dalam buku Lika Liku Rezeki berupa Rational Appeals, Emotional Appeals, Appeals to Fear, Reward Appeals dan Motivational Appeals. Bentuk pesan-pesan dakwah yang terdapat dalam buku Lika Liku Rezeki meliputi pesan dakwah mengenai rezeki yang telah dijamin, pesan dakwah mengenai rezeki karena usaha, pesan dakwah mengenai rezeki karena bersyukur, pesan dakwah mengenai rezeki karena istighfar, pesan dakwah mengenai rezeki karena menikah, pesan dakwah mengenai rezeki karena anak, pesan dakwah mengenai reeki karena sedekah, pesan dakwah mengenai rezeki karena rajin menjalin silaturahmi, pesan dakwah mengenai rezeki karena iman dan taqwa, pesan dakwah mengenai hasutan setan, dan pesan dakwah mengenai makanan halal dan haram.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 28 Jul 2022 05:41
Last Modified: 28 Jul 2022 05:41
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19793

Actions (login required)

View Item View Item