EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

AYAT SUCI AL-QUR’AN SEBAGAI JIMAT (Studi tentang Kepercayaan dan Perilaku Masyarakat di Kelurahan Sungai Lulut Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar)

Ringkas Alfath Samudera, Ringkas Alfath Samudera (2022) AYAT SUCI AL-QUR’AN SEBAGAI JIMAT (Studi tentang Kepercayaan dan Perilaku Masyarakat di Kelurahan Sungai Lulut Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (220kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (690kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (161kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (966kB)

ABSTRAK

Skripsi ini membahas tentang Ayat-ayat Al-Qur’an yang diyakini dan digunakan masyarakat sebagai jimat di Kelurahan Sungai Lulut, Kecamatan Sungai Tabuk, bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepercayaan dan perilaku masyarakat terhadap jimat yang menggunakan Ayat Al-Qur’an yaitu dengan upaya untuk menghidupkan nilai-nilai Al-Qur’an dengan menggunakan jimat. Jimat dipercaya dapat dijadikan sebagai alat untuk kekebalan tubuh, pengobatan, penyemangat hidup, penghindar dari serangan orang-orang yang mempunyai niat jahat, dan lain-lain. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (fiel research) dengan metode penelitian kualitatif. Pada penelitian ini, peneliti secara langsung turun ke Kelurahan Sungai Lulut, Kecamatan Sungai Tabuk sebagai lokasi penelitian untuk mendapatkan data-data yang diperlukan. Metode yang digunakan peneliti dalam mengumpulkan data-data tersebut ialah obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun jimat-jimat tersebut diantaranya ialah: Jimat Perkasih, Jimat Anak Jimat Haikal Sembilan dan Jimat Ayat Kursi. Ayat-ayat suci Al-Qur’an yang digunakan pada jimat yaitu: (1) QS. Al-Hijr ayat 9, (2) QS.Al-Baqarah ayat 18, 171, dan 255, (3) QS. Al-Fatihah ayat 1-7, (4) QS. Al-Ikhlas ayat 1-4, (5) QS. An�Nas ayat 1-6, (6) QS. Az-Zumar ayat 30, (7) QS. Al-Qalam ayat 51-52, (8) QS. Al�Lahab ayat 1-5, (9) QS. Al-Falaq ayat 1-5. Bagi orang awam yang menjadi narasumber penelitian ini mereka lebih berfokus dengan jimat dan khasiat dari jimat yang mereka pakai, sehingga perilaku mereka tidak mengalami perubahan. Jimat yang digunakan ada yang diperintahkan membaca amalan-amalan dan selain itu juga ada yang hanya berupa tulisan yang dibuat bantalan kecil, kemudian disematkan dibagian anggota tubuh. Dalam hal tersebut, mereka hanya membacanya sekedar dari keperluan jimat, tidak untuk dijadikan amalan-amalan setiap hari yang seharusnya anggapan mereka tentang membaca Al-Qur’an adalah bentuk ibadah. Maka dengan begitu, mudah bagi Allah untuk mengabulkan hajat dari setiap hamba-Nya.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 28 Jul 2022 05:20
Last Modified: 28 Jul 2022 05:20
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19805

Actions (login required)

View Item View Item