EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PERAN SATPOL-PP SEBAGAI PENYIDIK PEGAWAI NEGERI SIPIL DALAM MELAKUKAN PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PELANGGARAN PERATURAN DAERAH KOTA BANJARMASIN NOMOR 14 TAHUN 2015 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN DAERAH KOTA BANJARMASIN NOMOR 20 TAHUN 2013 TENTANG PENYELENGGARAAN KEBERSIHAN, KEINDAHAN, KETERTIBAN, DAN KESEHATAN LINGKUNGAN (Studi Kasus Pada Pasar Kaget Di Kota Banjarmasin)

KHAIRUNISA, FIKRIKA (2022) PERAN SATPOL-PP SEBAGAI PENYIDIK PEGAWAI NEGERI SIPIL DALAM MELAKUKAN PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PELANGGARAN PERATURAN DAERAH KOTA BANJARMASIN NOMOR 14 TAHUN 2015 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN DAERAH KOTA BANJARMASIN NOMOR 20 TAHUN 2013 TENTANG PENYELENGGARAAN KEBERSIHAN, KEINDAHAN, KETERTIBAN, DAN KESEHATAN LINGKUNGAN (Studi Kasus Pada Pasar Kaget Di Kota Banjarmasin). Skripsi, Fakultas Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (339kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (614kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Fikrika Khairunisa. 170101030039. Peran Satpol-pp Sebagai Penyidik Pegawai Negeri Sipil Dalam Melakukan Penegakan Hukum Terhadap Pelanggaran Peraturan Kota Banjarmasin Nomor 14 Tahun 2015 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Banjarmasin Nomor 20 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Kebersihan, Keindahan, Ketertiban Dan Kesehatan Lingkungan (Studi Kasus Pada Pasar Kaget Di Kota Banjarmasin) Pembimbing: (I) Dr. Hj. Hayatun Naimah, S.H., M.Hum, (II) Farihatni Mulyati S.Ag., M.HI, pada Program Studi Hukum Tatanegara Fakultas Syariah UIN Antasari Banjarmasin. 2022 Kata Kunci: PPNS, Penegakan Hukum, Pasar Kaget Pasar kaget merupakan salah satu jenis pasar tradisional non permanen yang berdiri diatas area yang tidak diperuntukkan sebagai tempat berdagang seperti di atas badan jalan maupun trotoar. Keberadaannya di kota Banjarmasin telah melanggar sejumlah aturan salah satunya terkait penyelenggaraan K4 yang didalamnya memuat ketentuan pidana. Ketentuan tersebut mengarah pada peran yang dimiliki Satpol-PP sebagai PPNS dalam pelaksanaan penegakan hukum terhadap pelanggaran peraturan daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Satpol-PP sebagai PPNS dalam melakukan penegakan hukum terhadap pelanggaran peraturan daerah atas keberadaan pasar kaget di kota Banjarmasin dan kendalanya dalam menjalankan perannya untuk menegakkan hukum. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum empiris dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti melakukan observasi di salah satu pasar kaget yang sudah cukup lama berdiri di kota Banjarmasin yaitu Pasar Tungging di jalan Cempaka Raya Kecamatan Banjarmasin Barat dan juga melakukan wawancara yang terdiri dari anggota PPNS Satpol-PP, pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan, pedagang pasar kaget, dan masyarakat. Peneliti mendapati bahwa Satpol-PP sebagai PPNS memiliki peran dalam penegakan hukum terhadap pelanggaran peraturan daerah dan peraturan walikota yang mengarah pada proses penyidikan melalui tindakan represif pro yustisi. Sementara, peran Satpol-PP sebagai PPNS dalam melakukan penegakan hukum terhadap pelanggaran peraturan daerah pada pasar kaget di kota Banjarmasin belum terlaksana. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa kendala baik dari dalam maupun luar instansi Satpol-PP itu sendiri. Kendal-kendala tersebut seperti kurangnya tenaga PPNS dan penyelesaian perkara yang tidak mencapai ranah PPNS.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 28 Jul 2022 06:19
Last Modified: 28 Jul 2022 06:19
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19829

Actions (login required)

View Item View Item