EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peranan Penyuluh Agama Dalam Membina Majelis Taklim Babussalam Di Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu

Norlatifah, Putri (2022) Peranan Penyuluh Agama Dalam Membina Majelis Taklim Babussalam Di Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu. Skripsi, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (233kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (564kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (127kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Norlatifah Putri, 180104020126. Peranan Penyuluh Agama Dalam Membina Majelis Taklim Babussalam di Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Zulfa Jamalie, S.Ag, M.Pd, P.hD. Pembimbing: (II) Nur Falikhah,S.Ant., M.Sc. Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Antasari Banjarmasin. 2022 Kata Kunci: Peranan, Penyuluh Agama, Majelis Taklim Penelitian ini dilatar belakangi bahwa penyuluh agama merupakan salah satu profesi yang memiliki peranan penting dalam menyebarkan dakwah Islam. Penyuluh agama sudah diberikan tugas dan wewenang oleh kementerian agama berperan untuk melakukan penyuluhan kepada masyarakat guna terciptanya moral, etika yang baik, serta ketakwaan kepada Allah SWT. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan penyuluh agama dalam membina majelis taklim Babussalam di Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu dan apa saja faktor pendukung dan penghambat penyuluh agama dalam membina majelis taklim Babussalam Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), penulis melakukan wawancara kepada pengurus dan jemaah majelis taklim Babussalam untuk menggali data mengenai peranan penyuluh agama dalam membina majelis taklim Babussalam. Penulis juga melakukan observasi dan dokumentasi untuk menggali data yang terkait dengan peranan penyuluh agama dalam membina majelis taklim Babussalam di Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu. Hasil penelitian ini yaitu peranan penyuluh agama dalam membina majelis taklim Babussalam di Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu yaitu memimpin kegiatan zikir dan selawat, tadarus Al-Qur’an, serta pengajian kitab Fathul Qarib dan Ilmu Tasawuf dan apa saja faktor pendukung dan penghambat penyuluh agama dalam membina majelis taklim Babussalam Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu. Dengan adanya pembinaan majelis taklim Babussalam dapat membuat para jemaahnya untuk selalu berada di jalan kebaikan dan majelis taklim ini juga banyak diminati oleh masyarakat dari beberapa desa di Kecamatan Satui. Dengan adanya peranan penyuluh agama ini dapat mengurangi dampak-dampak yang negatif dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 28 Jul 2022 06:08
Last Modified: 28 Jul 2022 06:08
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19859

Actions (login required)

View Item View Item