EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Bimbingan Keagamaan Santriwati Di Pondok Pesantren Darul Amin Sampit Kalimantan Tengah

Nurmalina, Nurmalina (2022) Bimbingan Keagamaan Santriwati Di Pondok Pesantren Darul Amin Sampit Kalimantan Tengah. Skripsi, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (107kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (904kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (612kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (161kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Nurmalina, 180104020304. Bimbingan Keagamaan Santriwati Di Pondok Pesantren Darul Amin Sampit Kalimantan Tengah. Pembimbing: (I) Muhammad Rif’at, M. Ag dan (II) Anwar Fuadi, MA., Pada Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi/Sarjana UIN Antasari Banjarmasin. 2022. Kata Kunci: Bimbingan, Keagamaan, Santriwati. Bimbingan keagamaan santriwati adalah bimbingan atau bantuan yang membantu proses pengembangan diri santriwati agar bisa memahami diri serta menyesuaikan diri dan selaras dengan petunjuk Allah SWT dengan berlandaskan Alquran dan sunnah Rasul. Dalam pendidikan keagamaan para santri harus memiliki pemahaman keagamaan yang dapat di tanamkan dalam kehidupan seharihari yaitu di perlukannya pembimbing yang ada di pesantren tersebut. Bimbingan keagamaan yang di dapat para santri adalah ajaran yang di lakukan oleh para ustaz dan ustazah untuk belajar Islam secara khusus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk bimbingan keagamaan, kendala dalam melaksanakan bimbingan, dan proses bimbingan keagamaan sehingga dapat mengetahui kendala dan proses bimbingan keagamaan di pondok pesantren. Lokasi penelitian ini adalah Pondok Pesantren Darul Amin Kalimantan Tengah Sampit, subjek penelitian adalah pembimbing dan santriwati yang berada di Pondok Pesantren Darul Amin dan objek penelitian adalah bentuk-bentuk bimbingan keagamaan terhadap santriwati, kendala yang ada dalam proses bimbingan keagamaan. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode lapangan atau field research. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses pengumpulan data menggunakan teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, display data (penyajian data), dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk bimbingan keagamaan yang di berikan kepada santriwati antara lain bimbingan salat, membaca Alquran, zikir, adab sopan santun, majelis taklim, dan muhadarah. Dalam pelaksanaan bimbingan keagamaan memakai metode ceramah, tanya jawab, dan keteladanan dari pembimbing. Adapun kendala dalam bimbingan meliputi kurangnya percaya diri pada santriwati dan mengantuk pada saat melaksanakan bimbingan. Saran-saran yang di tujukan kepada para santriwati hendaknya lebih memperhatikan pembimbing serta selalu semangat dalam mengikuti kegiatan-kegiatan keagamaan yang ada di pondok pesantren.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 29 Jul 2022 01:37
Last Modified: 29 Jul 2022 01:37
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19919

Actions (login required)

View Item View Item