EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

ETNOMATEMATIKA DAN ANALISIS AKTIVITAS FUNDAMENTAL MATEMATIS MENURUT BISHOP PADA MUSEUM SADURENGAS DI KABUPATEN PASER

Salsanabila, Maulina Fakhrunnisa (2022) ETNOMATEMATIKA DAN ANALISIS AKTIVITAS FUNDAMENTAL MATEMATIS MENURUT BISHOP PADA MUSEUM SADURENGAS DI KABUPATEN PASER. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (146kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (952kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Kebudayaan Indonesia memiliki bentuk yang beragam salah satunya adalah Museum Sadurengas. Museum Sadurengas dengan berbagai unsur bangunan dan benda peninggalan adalah bentuk keterkaitan budaya dengan matematika. Etnomatematika adalah ilmu penghubung matematika dan budaya setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui etnomatematika dan analisis aktivitas fundamental matematis menurut Bishop pada Museum Sadurengas di Kabupaten Paser. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah Kasi Cagar Budaya dan Permuseuman, juru pemeliharaan dan petugas Museum Sadurengas. Objek pada penelitian ini adalah unsur matematika dan budaya yang terdapat pada Museum Sadurengas yang berhubungan dengan bentuk bangunan dan makna filosofi yang terkandung, serta aktivitas fundamental matematis menurut Bishop yang terdapat pada Museum Sadurengas. Setelah data terkumpul, selanjutnya dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat aspek sejarah dari Museum Sadurengas yaitu bekas rumah Sultan Aji Tenggara yang kemudian diserahkan kepada Pemerintah Daerah dan dijadikan sebagai Cagar Budaya Nasional. Aspek filosofi yaitu keberanian, terbuka, kesuburan, kekompakan dan kesakralan. Aspek etnomatematika yaitu terdapat 27 bangunan atau benda pada Museum Sadurengas yang mengandung konsep matematika, selain terdapat konsep matematika juga terdapat perbedaan dalam hal-hal matematis antara Museum Sadurengas dengan rumah adat lainnya, faktor dibalik perbedaan itu dan cara berpikir masyarakat Paser dalam mengetahui bentuk-bentuk ornament/ukiran. Selain itu juga terdapat aktivitas fundamental matematis menurut Bishop pada Museum Sadurengas yaitu counting, locating, measuring, designing, playing dan explaining. Materi dalam pembelajaran matematika yang relevan yaitu prisma segitiga, garis horizontal, sudut lancip, sudut tumpul, trapesium, konsep phytagoras, persegi, bilangan ganjil dan genap, garis transversal, lingkaran, refleksi, translasi, rotasi, kekongruenan, kesebangunan, balok, limas segi empat, simetri, trigonometri, dan dimensi tiga.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 29 Jul 2022 07:26
Last Modified: 29 Jul 2022 07:26
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19959

Actions (login required)

View Item View Item