EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PERAN DA’IYAH BANJARMASIN SELATAN DALAM MEMBINA KEBERAGAMAAN MASYARAKAT DI KOTA BANJARMASIN

Nur, Laila (2022) PERAN DA’IYAH BANJARMASIN SELATAN DALAM MEMBINA KEBERAGAMAAN MASYARAKAT DI KOTA BANJARMASIN. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISA.pdf

Download (269kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (568kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (749kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (121kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya jumlah penduduk perempuan dikota Banjarmasin sehingga kiprah da’iyah sangat diperlukan untuk mengisi ruang-ruang pengajian wanita. Maka untuk memahami nilai-nilai Islam tentulah dibutuhkan seorang da’iyah yang bisa menyampaikan amar ma’ruf nahi munkar. Rumusan dalam penelitian ini adalah bagaiman peran da’iyah Banjarmasin Selatan dalam membina keberagamaan masyarakat di Kota Banjarmasin dan apa saja faktor pendukung dan penghambat da’iyah Banjarmasin Selatan dalam membina keberagamaan masyarakat di Kota Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan ( field research), peneliti melakukan observasi dan dokumentasi untuk menggali data mengenai peran da’iyah dalam membina keberagamaan masyarakat di Kota Banjarmasin. Peneliti juga melakukan wawancara kepada lima da’iyah Banjarmasin Selatan dan beberapa jamaah untuk menggali tentang data mengenai peran da’iyah Banjarmasin Selatan dalam membina keberagamaan masyarakat. Hasil penelitian ini yaitu peran da’iyah Banjarmasin Selatan dalam membina keberagamaan masyarakat di Kota Banjarmasin melalui beberapa hal yaitu dari segi aqidah, ibadah dan akhlak. Dari segi aqidah menyangkut tentang keimanan kepada Allah, dari segi ibadah mengenai cara beribadah yang benar sesuai Al-Qur’an dan Sunnah, sedangkan dari segi akhlak adalah yakni lebih mengedapankan perilaku atau moralitas. Metode yang digunakan diantaranya metode ceramah yakni metode dakwah secara lisan. Metode tanya jawab atau diskusi yang menggunakan tanya jawab tentang keagamaan dan saling bertukar pikiran. Metode pendidikan untuk membantu masyarakat dalam mempelajari ilmu agama. Metode kesenian ini digunakan oleh da’iyah untuk menarik perhatian jamaah agar lebih tertarik dan isi ceramah yang disampaikan. Keberhasilan da’iyah dalam berdakwah dipengaruhi oleh faktor pendukung yaitu kemampuan dan pemahaman da’iyah tentang ilmu agama, keluarga sebagai penyemangat bagi para da’iyah, dan sarana prasarana yang mendukung jalanya dakwah seperti tempat yang bersih dan nyaman, fasilitas yang memadai. Faktor penghambat dalam membina keberagamaan masyarakat adalah faktor lingkungan yang tidak semua orang paham agama, kemudian faktor ekonomi yang pekerjaannya berbeda-beda sehingga pendapatannya juga tidak sama dan juga faktor pendidikan yang tingkat pemahaman yang berbeda-beda.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 01 Aug 2022 05:58
Last Modified: 01 Aug 2022 05:58
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20000

Actions (login required)

View Item View Item