EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

STRATEGI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER MEDIA PEMBELAJARAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 GAMBUT

Kurniawan, M. Edy (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER MEDIA PEMBELAJARAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 GAMBUT. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (486kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (66kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Perpustakaan di sekolah tidak bisa di abaikan begitu saja, perlu adanya pengembangan perpustakaan sekolah yang lebih maju lagi. Sinergi yang kuat antara pengelola dan pengampu kebijakan harus berjalan seirama. Pengelola dituntut untuk lebih tahu baik secara manajerial dan pengetahuan tentang perpustakaan sekolah. Akan tetapi, untuk mengembangkan perpustakaan sekolah perlu melihat beberapa aspek termasuk kemampuan sekolah itu sendiri, hal-hal yang perlu diperhatikan lebih dahulu atau prioritas utama yang akan menjadi program untuk mengembangkan perpustakaan sekolah. Berbagai strategi dalam mengembangkan untuk memajukan perpustakaan harus terus ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan perpustakaan sebagai sumber media pembelajaran siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Gambut dan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhinya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu 3 pustakawan SMP Negeri 1 Gambut, Kepala Sekolah, dan 5 orang siswa SMP Negeri 1 Gambut. Objek penelitian ini adalah stratgei pengembangan perpustakaan sebagai sumber media pembelajaran siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Gambut dan faktor yang mempengaruhinya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah koleksi data, editing, klasifikasi data, dan interprestasi data. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa strategi pengembangan perpustakaan yang ada di perpustakaan SMP Negeri 1 Gambut sudah sesuai dengan ketentuan yang ada. Berbagai macam pengembangan yang dilakukan tersebut berdampak positif bagi pembelajaran siswa di kelas. Maka perpustakaan sekolah sebagai sumber media pembelajaran yang baik untuk setiap siswa sudah di jalankan dengan semestinya oleh perpustakaan SMP Negeri 1 Gambut. Walaupun begitu masih ada beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pengembangan perpustakaan ini. Manajemen yang baik dilakukan oleh perpustakaan SMP Negeri 1 Gambut sehingga mendapatkan hasil yang maksimal dan membuat para pemustaka terutama para siswa menjadi terbantu. Anggaran yang masih minim menjadi penghambat dalam pengembangan perpustakaan, karena dengan sedikitnya dana yang masuk ke perpustakaan maka sangat terbatas pengembangan yang bisa dilakukan oleh perpustakaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 02 Aug 2022 01:05
Last Modified: 02 Aug 2022 01:05
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20025

Actions (login required)

View Item View Item