EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pendidikan Nilai-Nilai Karakter Kenabian (Studi pada Pondok Pesantren Muhammad Basiuni Imran Sambas, Ushuluddin Singkawang, Darussalam Sengkubang di Kalimantan Barat)

Suhari, Suhari (2022) Pendidikan Nilai-Nilai Karakter Kenabian (Studi pada Pondok Pesantren Muhammad Basiuni Imran Sambas, Ushuluddin Singkawang, Darussalam Sengkubang di Kalimantan Barat). Disertasi, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Cover, Keaslian Tulisan, Abstrak.pdf

Download (880kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (394kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Lampiran Disertasi Suhari.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pendidikan nilai akhir-akhir dilanda oleh krisis multi dimensional yang berpakal dari krisis nilai, akhlak/karakter, moral, sehingga berdampak pada kehidupan berbangsa dan bernegara. Berbagai fenomena dan gejala sosial, seperti praktek sopan santun yang sudah memudar. Pendidikan Nilai-nilai karakter kenabian tercermin dalam program pondok pesantren yang ada di Kalimantan Barat sehingga orang tua termotivasi untuk membina akhlak anak ke pondok pesantren agar anaknya memiliki akhlak yang baik sejalan dengan nilai karakter kenabian (shidiq, amanah, fathonah, tabligh). Fokus penelitian adalah menganalisis bagaimana internalisasi nilai-nilai karakter Metode penelitian ini yakni fenomenologi atau pendekatan dengan penelitian fakta religi dengan sifat subjektif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang mencoba memahami fenomena dalam setting dan konteks naturalnya. Teknik pengumpulan data yaitu; wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini diantaranya; Kyai, ustadz dan santri Pondok Pesantren. Hasil penelitian yang didapat yaitu: 1) Proses pendidikan nilai-nilai karakter kenabian yaitu; proses pendidikan diselaraskan melalui kebijakan di pondok diaplikasikan melalui program-program yang terdapat di pondok. 2) Implementasi pendidikan nilai-nilai karakter kenabian yaitu melalui moral knowing/learning to know, dalam tahapan ini tujuan diorientasikannya pada penguasaan pengetahuan tentang nilai-nila karakter kenabian (shidiq, amanah, fathonah, tabligh), 3) Evaluasi nilai-nilai karakter kenabian pada yaitu; ada tiga dalam mengevaluasi antara lain (a) tentang perihal; motivasi dan akuntabilitas staf untuk mengimplementasikan usaha pendidikan karakter akan menjadi jauh lebih besar apabila terdapat perencanaan untuk menilai hasil; (b) penilaian akan menyampaikan sampai tingkat manakah program pendidikan karakter dalam membuat perbedaan; dan (c) data penilaian kemudian dapat digunakan untuk memandu pengambilan keputusan tentang bagaimana caranya meningkatkan keefektifan program tersebut. 4) Kontribusi pendidikan nilai-nilai karakter kenabian (Studi Pada Pondok Pesantren Muhammad Basiuni Imran Sambas, Ushuluddin Singkawang, Darussalam Sengkubang di Kalimantan Barat) diantaranya terbentuknya nilai karakter santri sesuai dengan karakter kenabian. Hal ini adanya kebijakan-kebijakan dari pimpinan pondok, dan juga adanya program pondok yang mendukung terbentuknya pendidikan nilai karakter kenabian pada diri santri. Program Pondok Pesantren Muhammad Basiuni Imran Sambas diantaranya terbentuknya santri menjadi disiplin, ini diimplementsikan dari tepat waktunya santri melaksanakan shalat wajib maupun shalat sunah (tahajud dan dhuha). Selain itu adanya hukuman kepada santri yang melanggar tata tertib seperti tidak melaksanakan shalat tahajud maka hukumannya menghafal surah-surah pendek dan membaca al-Qur’an setiap selasai shalat selama 1 minggu.

Item Type: Disertasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 04 Aug 2022 02:16
Last Modified: 13 Oct 2022 03:37
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20085

Actions (login required)

View Item View Item