EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PEMBELAJARAN TAHARAH PADA PESERTA DIDIK KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH MATHLA’UL ANWAR KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

Khatimah, Khatimah (2022) PEMBELAJARAN TAHARAH PADA PESERTA DIDIK KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH MATHLA’UL ANWAR KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (145kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penelitian ini mempunyai latar belakang ketika peneliti melihat salah satu peserta didik yang berwudhu (taharah) dengan terburu-buru sehingga air tidak merata dan tidak mencapai batas-batas wudhu. sedangkan pembelajaran taharah yang memiliki kedudukan yang paling utama dalam beribadah. Pentingnya pembelajaran taharah pada kurikulum pembelajaran agar peserta didik dapat mensucikan diri dengan baik dan benar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran taharah pada peserta didik kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Mathla'ul Anwar, pembelajaran taharah materinya yang disampaikan dengan ceramah untuk menjelaskan teorinya dan demonstrasi untuk prakteknya berupa wudhu, tayamum dan mandi wajib. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yaitu pendekatan penelitian menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara lalu dideskripsikan menggunakan kata-kata. Objek dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran taharah dan faktor yang mempengaruhi, sedangkan subjek dari penelitian ini adalah seorang guru mata pelajaran fikih dan 15 peserta didik kelas VII. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan oleh penulis yaitu terjun ke lapangan untuk mengumpulkan sejumlah data mengenai proses pembelajaran fikih materi taharah di Madrasah Tsanawiyah Mathla'ul Anwar yang meliputi tentang perencanaan, pelaksanaan dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran taharah. Setelah data terkumpul, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Simpulan dari penelitian ini berdasarkan analisis dari data yang diperoleh adalah proses perencanaan sudah sesuai dengan K13, adapun proses pelaksanaan pembelajaran taharah dari kegiatan awal, inti dan akhir berjalan dengan baik, adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran taharah diantaranya: faktor pendukung yang pertama ialah lingkungan sekolah yang selalu mempraktekan apalagi saat ingin melaksanakan shalat zuhur berjamaah disekolah sebelum masa pandemi Covid-19, selanjutnya faktor keluarga dan masyarakat ketika ingin melakukan ibadah seperti sholat, membaca Al-Qur‟an dan ibadah lainnya. Selain itu faktor penghambat juga mempengaruhin seperti faktor peserta didik itu sendiri seperti daya tangkap belajar yang lambat dalam menerima pembelajaran, kurangnya perhatian dalam belajar dan latar sekolah sebelumnya juga mempengaruhi dalam pembelajaran taharah.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 04 Aug 2022 06:00
Last Modified: 04 Aug 2022 06:00
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20095

Actions (login required)

View Item View Item