EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

KEMAMPUAN PRAKTIK IBADAH SALAT SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 PULAU LAUT TANJUNG SELAYAR KABUPATEN KOTABARU

Priyanita, Sindy (2022) KEMAMPUAN PRAKTIK IBADAH SALAT SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 PULAU LAUT TANJUNG SELAYAR KABUPATEN KOTABARU. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (287kB)
[img] Text
Cover SINDY.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK SINDY.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB I SINDY.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB II SINDY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img] Text
BAB III SINDY.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB IV SINDY.pdf

Download (884kB)
[img] Text
BAB V SINDY.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SINDY.pdf

Download (222kB)
[img] Text
LAMPIRAN SINDY.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Salat merupakan hal yang sangat penting karena salat merupakan salah satu kewajiban bagi kaum muslimin yang harus dikerjakan dan tidak boleh ditingalkan, oleh karena itu siswa harus mampu memahami dan mempraktikkan ibadah salat dengan baik dan benar, dan tugas seorang guru ialah memberikan motivasi atau dorongan kepada siswa agar lebih bersemangat dalam memahami materi ibadah salat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan praktik ibadah salat siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pulau Laut Tanjung Selayar Kabupaten Kotabaru dan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kemampuann praktik siswa kelas VIII. Jenis penelitian yatiu penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang turun langsung kelapangan dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 112 siswa. Teknik sampling yang digunakan oleh peneliti adalah teknik nonprobability sampling , cara pengambilan sampel dengan menggunakan sampling sistematis, sampel berjumlah 56 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, wawancara, angket dan dokumentasi sedangkan tenknik analisis data yaitu menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan praktik ibadah salat siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pulau Laut Tanjung Selayar Kabupaten Kotabaru tergolong baik dengan persentase 72, 28%, sedangkan hasil penyebaran angket kepada orang tua siswa tentang faktor yang memengaruhi kemampuan praktik salat siswa kelas VIII termasuk dalam kategori cukup baik dengan persentase 56,5%, dari hasil angket tersebut kita dapat melihat bahwa orang tua masih banyak yang kurang dalam membimbing dan memberikan pengawasan kepada siswa saat berada di rumah. Dari hasil wawancara dengan guru mata pelajaran PAI dan hasil penyebaran angket dapat kita simpulkan bahwa faktor yang memengaruhi kemampuan praktik salat siswa kelas VIII diantaranya adalah waktu yang disediakan untuk mengajarkan materi salat sangat terbatas, sarana dan prasarana yang disediakan sekolah sangat terbatas, kurangnya partisispasi dari siswa serta pengawasan guru maupun orang tua terhadap salat siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 05 Aug 2022 06:48
Last Modified: 05 Aug 2022 06:48
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20122

Actions (login required)

View Item View Item