EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGEMBANGAN SDM DALAM UPAYA OPTIMALISASI PENGUASAAN SISKOHAT DI KANWIL KEMENAG PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

Insyirah, Nura (2022) PENGEMBANGAN SDM DALAM UPAYA OPTIMALISASI PENGUASAAN SISKOHAT DI KANWIL KEMENAG PROVINSI KALIMANTAN SELATAN. Skripsi, Dakwah dan Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (37kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (351kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (5kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (5kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh perkembangan SISKOHAT karena kemajuan teknologi dan bertambahnya kebutuhan informasi haji dalam masyarakat. Oleh karena itu, operator sebagai tenaga ahli SISKOHAT harus dapat mengoptimalkan kemampuan dan penguasaannya dalam bidang tersebut melalui pengembangan sumber daya manusia.Penelitian ini bertujuan menemukan dan menganalisa metode pengembangan sumber daya manusia yang diterapkan dalam mengoptimalkan penguasaan operator SISKOHAT Kanwil Kemenag dan menilai dampak yang dihasilkan dari upaya tersebut. Metode penelitian yang digunakan berjenis field research dan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dari teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dideskripsikan dalam bentuk kata-kata. Subjek penelitian ini yaitu Bapak H. Nofirman, S. Kom sebagai Ketua Seksi Pendaftaran dan Dokumen Haji Reguler di Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan dan Bapak Nurul Hamidi S. Ag. sebagai operator SISKOHAT Kankemenag Banjarmasin. Hasil penelitian ini berbentuk analisis penerapan metode pengembangan melalui program sosialisasi, bimbingan teknis, serta dua kebijakan yaitu rotasi kerja dan delegasi wewenang baik untuk operator SISKOHAT Kanwil Kemenag atau melibatkan operator SISKOHAT Kankemenag. Penelitian ini membuktikan bahwa adanya pengembangan sumber daya manusia dapat mengoptimalkan operator SISKOHAT dalam menguasi bidang pekerjaannya. Dalam penelitian ini, penulis menyimpulkan dua poin. Pertama, metode pengembangan SDM dalam upaya optimalisasi penguasaan SISKOHAT di Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan terbagi dalam tiga aktivitas pengembangan yaitu sosialisasi, bimbingan teknis, dan kebijakan-kebijakan. Kedua, operator dinilai telah optimal dalam bidangnya setelah mengikuti pengembangan SDM sebab operator menjadi lebih berwawasan, mandiri, dan meningkatknya rasa keingintahuan pasca diadakan bimbingan. Oleh karena itu, penulis merekomendasikan penelitian ini untuk dilanjutkan dengan variabel lainnya serta merekomendasikan pada Kanwil Kemenag untuk lebih rutin mengadakan bimbingan teknis dan menambahkan kriteria calon operator SISKOHAT dengan latar pendidikan IT atau mencantumkan seleksi penguasaan komputer sebelum bekerja di bidang SISKOHAT.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 08 Aug 2022 01:16
Last Modified: 08 Aug 2022 01:16
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20148

Actions (login required)

View Item View Item