EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

ANALISIS ISI PESAN DAKWAH DALAM NOVEL HUJAN KARYA SHINEEMINKA DI APLIKASI WATTPAD

Fajrianti, Rini Aulia (2022) ANALISIS ISI PESAN DAKWAH DALAM NOVEL HUJAN KARYA SHINEEMINKA DI APLIKASI WATTPAD. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (281kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (937kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (417kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Latar belakang dalam penelitian ini adalah berdasarkan atas berkembangnya tekonologi pada zaman sekarang ini, banyak para da‟i yang menyampaikan dakwahnya dengan berbagai metode. Salah satu metode yang digunakan yaitu dakwah bil qalam yang merupakan berdakwah dengan menggunakan tulisan. Kelebihan dari metode ini adalah memberikan kesempatan kepada mad‟u untuk menentukan pesan-pesan dakwah yang disampaikan sesuai dengan kemampuan dan kepentingannya. Contoh dari media dakwah bil qalam adalah seperti koran, majalah, buku, artikel, novel, dan lainnya. Sarana yang digunakan untuk mengakses informasipun beragam. Seperti menggunakan aplikasi dan situs web dengan bantuan internet. Salah satu aplikasi yang banyak digunakan adalah wattpad yang memungkinkan penggunanya untuk membaca ataupun membuat karya dalam bentuk artikel, cerita pendek, puisi, novel, ataupun sejenisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isi pesan dakwah yang terkandung dalam novel Hujan karya Shineeminka di aplikasi Wattpad. Hujan adalah novel yang telah dibaca sebanyak 6,23 juta kali dan vote sebanyak 528 ribu di aplikasi Wattpad. Novel Hujan banyak mengandung pesan-pesan kebaikan dan nilai-nilai dakwah yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Dan pesan dakwah yang disampaikan disampaikan secara langsung sehingga mempermudah pembaca untuk memahaminya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif terhadap data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik pustaka dengan analisis data menggunakan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan dakwah yang terkandung dalam novel Hujan di aplikasi Wattpad terdiri dari 3 bagian yaitu pesan aqidah, syari‟ah, dan akhlak. Pesan aqidah berisi tentang iman kepada hari kiamat, hidayah, beriman kepada Allah, dan ikhlas. Pesan syari‟ah berisi berdo‟a, mempelajari Al-Qur‟an, berwudhu, menjaga batasan yang bukan mahram, larangan makan dan minum sambil berdiri, larangan zina, keutamaan menyegerakan shalat, taubat, meminta perlindungan kepada Allah, hukum menutup aurat, larangan mubazir, hukum khitan, keutamaan shalat sunnah, keutamaan membaca surah al-Kahfi, dan shalat subuh (keutamaan). Pesan akhlak berisi larangan berbohong, tolong-menolong, solidaritas, bersyukur, menghargai waktu, tawazun, pemaaf, sabar, toleransi dalam beragama, dan anjuran mengucap salam.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 10 Aug 2022 06:29
Last Modified: 10 Aug 2022 06:29
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20227

Actions (login required)

View Item View Item