EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Pelaksanaan Gadai Tanah Sawah di Desa Tatah Pemangkih Perspektif Hukum Positif dan Hukum Islam

Yusuf, Muhammad (2022) Analisis Pelaksanaan Gadai Tanah Sawah di Desa Tatah Pemangkih Perspektif Hukum Positif dan Hukum Islam. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (36kB)
[img] Text
Awal Tesis.pdf

Download (443kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text
LAMPIRAN - DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (89kB)

ABSTRAK

Gadai tanah sawah yang dilakukan di Desa Tatah Pemangkih dalam pelaksanaannya tidak menetapkan jangka waktu peminjaman baik dari râhin maupun murtahin. Adanya penetapan biaya sewa rumah di atas tanah yang menjadi barang jaminan atau gadai, di mana biaya sewa tersebut ditetapkan oleh si râhin atau pemberi gadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan gadai tanah sawah di Desa Tatah Pemangkih dilihat dari hukum positif dan hukum Islam, bagaimana faktor-faktor dan akibat dari pelaksanaan gadai tanah sawah di Desa Tatah Pemangkih. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif dengan pendekatan perundang-undangan dan fiqh standar. Jenis data atau bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer, sekunder dan fortier. Data atau bahan hukum penelitian tersebut diperoleh dari perundang-undangan, Al-Qur’an, Hadis, Fatwa DSN, Fiqh Muamalah, Ijtihad Ulama, jurnal, artikel, kamus hukum, ensiklopedia serta bahan-bahan dari lapangan melalui observasi dan wawancara yang kemudian dianalisis dalam perspektif hukum Positif dan hukum Islam. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan gadai tanah sawah di Desa Tatah Pemangkih tidak sesuai dengan hukum Positif dan hukum Islam. Hal tersebut bisa dilihat dari segi syarat barang yang dijadikan jaminan dalam gadai dan syarat pernyataan kesepakatan. Dilihat dari segi pemanfaatan barang gadai berupa tanah sawah, maka pelaksanaan gadai di Desa ini tidak sah dikarenakan pemanfaatan barang gadai tersebut terjadi atas adanya utang pinjaman, sehingga dari hasil dari pemanfaatan tanah sawah tersebut mengandung unsur riba. Kemudian, faktor-faktor yang melatarbelakangi pelaksanaan gadai adalah faktor ekonomi, kebutuhan biaya kesehatan keluarga, akses modal usaha, lingkungan dan sosial. Akibat dari adanya pelaksanaan gadai di Desa Tatah Pemangkih ini adalah berdampak positif berupa sikap saling bantu membantu dan juga berdampak negatif berupa kerugian yang berlipat ganda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 12 Aug 2022 06:09
Last Modified: 10 Nov 2022 05:26
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20270

Actions (login required)

View Item View Item