EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PELAKSANAAN PROGRAM ADIWIYATA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA MIN 3 BANJARMASIN

Nurholipah, Nurholipah (2022) PELAKSANAAN PROGRAM ADIWIYATA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA MIN 3 BANJARMASIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (289kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (367kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Tujuan dari fokus masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan program adiwiyata yang mencakup 4 komponen adiwiyata (kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan) yang di terapkan di MIN 3 Banjarmasin dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menghadapi program tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian ini mencakup kepala sekolah, ketua adiwiyata, pendidik dan staf tata usaha di MIN 3 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data ini menggunakan reduksi data, penyajian data, conclusion drawing/verification. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen pelaksanaan berwawasan lingkungan sudah terlaksana dengan memuat visi dan misi program diwiyata. Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan yang diterapkan di MIN 3 Banjarmasin adalah kurikulum 2013 sehingga tidak ada mata pelajaran khusus yang berkaitan dengan adiwiyata. Kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dilaksanakan melalui kegiatan yang di adakan oleh pihak sekolah maupun yang di adakan pihak luar sekolah atau instansi. Pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan di MIN 3 Banjarmasin sudah tersedia berbagai macam sarana yang mendukung untuk mengatasi permasalahan yang ada di sekolah dan sekaligus untuk menunjang pembelajaran. Faktor pendukung pelaksanaan adiwiyata adalah tersedianya sarana ramah lingkungan yang mendukung serta terjalinnya kerja sama yang baik dengan dengan pihak instansi yang berada di Banjarmasin. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan program adiwiyata adalah kurangnya lahan sehingga hanya bisa memaksimalkan lahan yang ada serta masih adanya sebagian warga sekolah yang tidak menerapkan dan mengikuti program yang diterapkan oleh pihak sekolah karena masih belum terbiasa.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LA History of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:33
Last Modified: 29 Aug 2022 01:33
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20434

Actions (login required)

View Item View Item