EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Kelas Ii Di Sd Islam Terpadu Al-Hikmah Banjarmasin

Sari, Nor Aida (2022) Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Kelas Ii Di Sd Islam Terpadu Al-Hikmah Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (126kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (818kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran inovatif yang menggunakan tema dalam mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Penelitian ini mengemukakan tentang Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Kelas II di SD Islam Terpadu Al-Hikmah Banjarmasin dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik kelas II di SD Islam Terpadu Al-Hikmah Banjarmasin yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran, serta untuk mengetahui kendala apa saja yang ada dalam pelaksanaan pembelajaran tematik kelas II di SD Islam Terpadu Al-Hikmah Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif melalui pengungkapan kata-kata tertulis atau lisan dari orangorang, peristiwa tertentu secara rinci dan mendalam serta perilaku yang diamati. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru kelas II. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran tematik kelas II di SD Islam Terpadu Al-Hikmah Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik mengolahan data adalah koleksi data, editing, klasifikasi, dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tematik kelas II di SD Islam Terpadu Al-Hikmah Banjarmasin sudah terlaksana dengan baik meliputi perencanaan pembelajaran yang sudah di rencanakan dengan baik dan sesuai dengan standart kurikulum, pelaksanaan pembelajaran juga sudah dilaksanakan dengan baik dan evaluasi pembelajaran pun juga sudah dilaksanakan dengan baik. Adapun kendala-kendala yang dihadapi guru kelas II adalah meteode yang kurang beragam yang menyebabkan siswa tidak terlalu aktif dan media pembelajaran yang tidak bervariasi serta fasilitas di sekolah yang masih belum terlalu banyak. Solusi yang baru diterapkan sekolah adalah adanya pelatihan KKG perbulan secara bergantian agar guru mempunyai kinerja yang lebih baik dan rencana ke depan aka nada pelatihan-pelatihan yang lain juga akan dilakukan oleh sekolah serta menambah berbagai fasilitas yang ada.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:26
Last Modified: 29 Aug 2022 01:26
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20456

Actions (login required)

View Item View Item