EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Media Karikatur Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Min 20 Banjar

Fitriani, Ramadhana (2022) Pengaruh Media Karikatur Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Min 20 Banjar. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (417kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (518kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (686kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (627kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (404kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

ABSTRAK

Penelitian ini berlatar belakang bahwa hasil belajar siswa masih banyak yang berada dibawah standar KKM atau belum tuntas sehingga menyebabkan kurangnya pengetahuan, pemahaman, dan pengamalan siswa terhadap adab-adab Islami. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan media karikatur pada mata pelajaran akidah akhlak di MIN 20 Banjar. (2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media karikatur terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MIN 20 Banjar. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan one group pretestposttest design. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik sampling jenuh karena jumlah populasi relatif kecil sehingga semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sampel berjumlah 21 orang siswa kelas IV MIN 20 Banjar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Setelah data yang diperlukan terkumpul maka dilakukan analisis data dengan menggunakan perhitungan rata-rata, standar deviasi, uji normalitas dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar awal siswa mata pelajaran akidah akhlak sebelum menggunakan media karikatur adalah 53,10 dengan kualifikasi “kurang”. Sedangkan Nilai rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan media karikatur adalah 90,48 dengan kualifikasi “amat baik”. Jadi selisih dari hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan adalah sebesar 37,38. Hasil uji wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai yang telah ditetapkan yaitu 0,000 < 0,05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media karikatur dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MIN 20 Banjar.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 12 Sep 2022 05:29
Last Modified: 12 Sep 2022 05:29
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20590

Actions (login required)

View Item View Item