EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Problematika Implementasi Pasal 33 Ayat (3) Undang-Undang Dasar Nrgara Republik Indonesia Tahun 1945 (Studi Kasus Kelangkaan dan Kenaikan Harga Minyak Goreng Tahun 2022)

Afwaliah, Rabiatul (2022) Problematika Implementasi Pasal 33 Ayat (3) Undang-Undang Dasar Nrgara Republik Indonesia Tahun 1945 (Studi Kasus Kelangkaan dan Kenaikan Harga Minyak Goreng Tahun 2022). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (284kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (682kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (722kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (213kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (460kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (204kB)

ABSTRAK

Indonesia adalah Negara hukum, disebutkan dalam Pasal 1 ayat (3) UUD 1945 bahwa yang dimaksud Negara hukum adalah Negara yang di dalamnya terdapat beberapa aspek peraturan yang bersifat memaksa dan mempunyai saksi tegas apabila dilanggar. Pasal 33 ayat (3) UUD 1945 merupakan pesan moral dan pesan budaya dalam konstitusi Republik Indonesia di bidang kehidupan ekonomi dan ayat (3) pasal ini mengatakan bahwa kekayaan alam yang meliputi sumber daya alam bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Indonesia yang dikenal dengan kekayaan alamnya kini mengalami kelangkaan dan kenaikan harga pada minyak goreng yang terbuat dari kelapa sawit. Penelitian ini bertujuan yaitu: Pertama, untuk mengetahui implementasi Pasal 33 Ayat (3) UUD 1945 terhadap terhadap ketersediaan minyak goreng untuk rakyat Indonesia. Kedua, mengetahui kebijakan pemerintah terhadap terhadap ketersediaan minyak goreng untuk rakyat Indonesia. Ketiga mengetahui problematika implementasi Pasal 33 ayat (3) terhadap ketersediaan minyak goreng untuk rakyat Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normatif dengan pendekatan undang-undang. Penelitian ini menggunakan bahan hukum primer yaitu Undang-undang, sekunder yaitu mencakup dokumen-dokumen resmi, buku-buku perpustakaan, peraturan perundang-undangan, karya ilmiah, dan artikel-artikel. Teknik untuk mengumpulkan bahan hukum tersebut yaitu menelaah referensi yang terkait dengan Pasal 33 ayat (3) UUD 1945 terhadap kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng di Indonesia. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, kebijakan pemerintah mengenai kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng belum mampu sepenuhnya mengimplementasikan Pasal 33 ayat (3) UUD 1945 khususnya untuk masyarakat kelas menengah ke bawah yang menempati posisi pertama dalam kelas social di Indonesia. Kedua, problematika atau permasalahan yang terjadi terhadap kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng diantaranya adalah penetapan harga yang berubah-ubah sehingga menimbulkan prakktik penimbunan oleh oknum nakal, adanya kasus korupsi ekspor minyak sawit yang menjerat pejabat Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan dan kurangnya empati sebagian elit politik dengan pernyataan yang seolah menyepelekan akibat dari kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng bagi rakyat Indonesia menjadi problematika dalam mengimplementasikan Pasal 33 Ayat (3) UUD 1945 untuk kasus kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng tahun 2022.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 26 Sep 2022 06:07
Last Modified: 10 Nov 2022 05:17
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20704

Actions (login required)

View Item View Item