EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Praktik Akad Jual Beli Perabotan Rumah Tangga dengan Sistem Kredit (Studi Kasus di Desa Manusup Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas)

Patimah, Siti (2022) Praktik Akad Jual Beli Perabotan Rumah Tangga dengan Sistem Kredit (Studi Kasus di Desa Manusup Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas). Skripsi, Fakultas Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (825kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (46kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Jual beli perabotan rumah tangga dengan sistem kredit yang terjadi di desa Manusup kecamatan Mantangai kabupaten Kapuas yakni mekanisme pembayaran kredit yang ditawarkan, penjual tidak menentukan waktu atau tempo pembayaran serta bukti pembayaran tidak ada, hanya secara lisan saja kesepakatannya. Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu (1) untuk mengetahui praktik akad jual beli perabotan rumah tangga dengan sistem kredit di desa Manusup kecamatan Mantangai kabupaten Kapuas; (2) untuk mengetahui faktor penyebab mengenai akad jual beli perabotan rumah tangga dengan sistem kredit yang terjadi di desa Manusup kecamatan Mantangai kabupaten Kapuas. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian lapangan dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data yang diperlukan maka penulis melakukan teknik pengumpulan data dalam teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sehingga data yang didapat diolah menggunakan analisis data kualitatif yakni dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis dapat disimpulkan bahwa praktik akad jual beli perabotan rumah tangga dengan sistem kredit tidak sesuai dengan ketentuan syarat jual beli yang ditetapkan oleh hukum Islam. Demikian jual beli yang mereka lakukan dikatakan fasid karena tidak adanya penentuan waktu pembayaran yang jelas. Faktor penyebab terjadinya praktik akad jual beli sistem kredit ini dikarenakan tingkat penghasilan masyarakat yang rendah dan tidak adanya penentuan jangka waktu tempo pembayaran sehingga menjadi kebiasaan masyarakat secara terus menerus terlebih tidak adanya denda yang diterapkan oleh penjual jika telat bayar selain itu memudahkan masyarakat sehingga tidak membuang banyak tenaga dan waktu untuk pergi ke kota membeli barang yang dibutuhkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
K Law > K Law (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 14 Oct 2022 01:08
Last Modified: 14 Oct 2022 01:08
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20796

Actions (login required)

View Item View Item