EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Perlakuan Masyarakat Terhadap Mushaf Al-Qur’an di Desa Krayan Bahagia Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser

Idris, Muhammad (2022) Perlakuan Masyarakat Terhadap Mushaf Al-Qur’an di Desa Krayan Bahagia Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (106kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (828kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (72kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (757kB)

ABSTRAK

Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam dijaga kemurnian dan keasliannya oleh Allah Swt. hingga hari kiamat. Hal itu terbukti dengan adanya mushaf Al-Qur’an yang merupakan hasil kodifikasi pada zaman sahabat Nabi, yang hingga kini kita gunakan mushafnya, yakni Mushaf Utsmani. Maka sebagai umat Islam, kita wajib memperlakukan Al-Qur’an dengan hormat, baik dengan ayat-ayatnya maupun dengan mushafnya. Seiring perkembangan zaman, masyarakat muslim menyebar hingga ke wilayah-wilayah terpencil. Dewasa ini, kenyataan di masyarakat berbeda-beda dalam memperlakukan mushaf Al-Qur’an, terlebih di Desa Krayan Bahagia Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser yang memperlakukan mushaf Al-Qur’an dengan perlakuan yang dinilai kurang hormat. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana pandangan masyarakat terhadap mushaf Al-Qur’an, (2) Bagaimana perlakuan masyarakat terhadap mushaf Al-Qur’an, dan (3) Apa hal-hal yang mempengaruhi perlakuan masyarakat terhadap mushaf Al-Qur’an di Desa Krayan Bahagia Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan lokasi penelitian di Desa Krayan Bahagia Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan pendekatan deskriptif analitis, yakni melakukan analisis dan menyajikan fakta secara sistematik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (pengamatan terhadap perlakuan masyarakat) dan wawancara (mencari informasi kepada responden dan informan). Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) menurut pandangan masyarakat Desa Krayan Bahagia, mushaf Al-Qur’an merupakan sesuatu yang agung, suci, dan istimewa yang dibukukan pada zaman Khulafa ar-Rasyidin. (2) Sebagian besar masyarakat Desa Krayan Bahagia memperlakukan mushaf dengan kurang hormat, yakni meletakkan mushaf Al-Qur’an dan buku yang berisi tulisan ayat Al-Qur’an di lantai atau sejajar dengan telapak kaki saat membacanya atau pun tidak membacanya. (3) Hal-hal yang mempengaruhi perlakuan masyarakat Desa Krayan Bahagia terhadap mushaf Al-Qur’an adalah meniru perilaku orang lain, budaya yang dibawa masyarakat transmigrasi, pengamalan adab yang sembarangan, minimnya pengetahuan, kurang perhatian secara penerapan, malas belajar ilmu-ilmu yang berkaitan dengan Al-Qur’an, kebiasaan yang terus diulangi, dan gangguan pada penglihatan yang berupa rabun dekat.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 21 Oct 2022 07:18
Last Modified: 21 Oct 2022 07:18
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20876

Actions (login required)

View Item View Item