EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Runtuhnya Daulah-Daulah Islam (Studi Terhadap Kitab Dirasah Lisuquthi Tsalatsina Daulah Islamiyah Karya Dr. Abdul Halim Uwais)

Sari, Intan Mustika (2022) Runtuhnya Daulah-Daulah Islam (Studi Terhadap Kitab Dirasah Lisuquthi Tsalatsina Daulah Islamiyah Karya Dr. Abdul Halim Uwais). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (95kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB. I.pdf

Download (928kB)
[img] Text
BAB. II.pdf

Download (632kB)
[img] Text
BAB. III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB. IV.pdf

Download (128kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Peradaban atau sejarah Islam memiliki perubahan-perubahan dalam setiap fasenya, dan sejarah Islam merupakan jembatan yang menyambungkan masa lalu dan masa sekarang. Sebagaimana Kitab Dirasah Lisuquthi Tsalatsina Daulah Islamiyah dikarang oleh Abdul Halim Uwais dalam terjemahannya berjudul Runtuhnya daulat-daulat Islam didalamnya menjelaskan terkait faktor keruntuhan daulat-daulat islam salah satunya runtuhnya kerajaan Islam Granada di Andalusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan dan faktor penyebab keruntuhan daulah-daulah Islam menurut Abdul Halim Uwais serta makna yang dapat diambil dari runtuhya daulah-daulah Islam menurut Abdul Abdul Halim. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research), sifat penelitian ini adalah studi literatur. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan hermeneutika, yaitu pendekatan penelitian berkaitan langsung dengan interpretasi dan penafsiran. Adapun data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan dokumentasi. Beberapa landasan yang menjadi bahan analisis penulis terkait maju mundurnya suatu masyarakat yaitu berdasarkan pemikiran Ibnu Khaldun, Al�Ghazali, Al-Mawardi, Jamaludin Al-Afghani, Muhammad Iqbal, Syah Waliyullah, dan Hasan Al-Banna. Berdasarkan hasil penelitian, beberapa hal yang menjadi penyebab dari runtuhnya 30 Daulah Islam antara lain adanya pemisahan daulah yang menyebabkan perpecahan, terlalu berfokus kepada ghanimah, pemimpin yang kurang memahami permasalahan di wilayah teritorialnya, adanya fanatik golongan yang menyebabkan perpecahan dan peperangan antar suku, adanya persekutuan dengan orang-orang Nasrani dan Yahudi, akidah yang rusak, para ahli syair dan ahli musik yang semakin terkemuka, ditinggalkannya berjihad serta mengedepankan perjanjian damai dengan musuh. Berkaca dari keruntuhan daulah�daulah Islam hendaknya terjalin persatuan seluruh umat Islam dengan dasar kesatuan agama yaitu agama Islam. Dengan persatuan, maka kaum musuh Islam yang sebelumnya meremehkan umat Islam kembali takut serta takjub seperti pada zaman keemasan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
K Law > K Law (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 27 Oct 2022 00:45
Last Modified: 27 Oct 2022 02:08
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20954

Actions (login required)

View Item View Item