EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SDIT Ukhuwah Banjarmasin

Aulianti, Nurul (2022) Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SDIT Ukhuwah Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1. pernyataan keaslian tulisan.pdf

Download (212kB)
[img] Text
2. awal.pdf

Download (803kB)
[img] Text
3. abstrak.pdf

Download (13kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (489kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (33kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (385kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
9. Daftar pustaka.pdf

Download (224kB)
[img] Text
10. Lampiran.pdf

Download (432kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa di SDIT Ukhuwah Banjarmasin, pembelajaran bahasa Inggris sudah diberikan sejak kelas I sampai VI. Guru-guru yang mengajar bahasa Inggris sering menggunakan media guna menarik minat siswa sekaligus mempercepat pemahaman mereka terhadap materi pelajaran bahasa Inggris. Tujuan penelitian untuk mengetahui pemanfaatan media dalam pembelajaran bahasa Inggris di SDIT Ukhuwah Banjarmasin, dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pemanfaatan media tersebut. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah tiga orang guru yang mengasuh mata pelajaran bahasa Inggris di sekolah tersebut. Objek penelitian adalah pemanfaatan media dalam pembelajaran bahasa Inggris serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambatnya. Data lapangan digali melalui teknik observasi, wawancara dan dokumenter. Hasil penelitian menyimpulkan, pemanfaatan media dalam pembelajaran bahasa Inggris di SDIT Ukhuwah Banjarmasin sudah dilakukan oleh guru-guru bahasa Inggris, baik menggunakan media sederhana seperti papan tulis, poster (gambar) dan flashcard (kartu-kartu) maupun media yang berbasis teknologi seperti speaker, pemutaran game, film-film animasi dan video di layar LCD yang tersedia di setiap kelas. Media-media tersebut dianggap penting untuk menarik minat belajar siswa dan mempercepat pemahaman, namun frekuensi penggunaannya oleh guru bahasa Inggris tergantung materi yang diajarkan, waktu dan tenaga ahli yang tersedia, sebab menggunakan media memakan waktu dan tenaga ahli tidak selalu siap di muka kelas karena juga bertugas di kelas-kelas lain. Faktor-faktor yang mendukung penggunaan media dalam pembelajaran bahasa Inggris di SDIT Ukhuwah adalah tersedianya tenaga guru yang profesional dan berpengalaman, adanya kerjasama guru untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam pengajaran, tersedianya beberapa media yaitu LCD dan proyektor di dalam kelas. Faktor yang menghambat adalah belum adanya native speaker sebagai guru bahasa Inggris, kurangnya media yang relatif kecil seperti poster dan kartu-kartu, listrik yang terkadang padam, operator yang tidak selalu berada di tempat, serta siswa yang sulit dibiasakan untuk menggunakan bahasa Inggris sata berada di kelas/sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 28 Oct 2022 02:54
Last Modified: 28 Oct 2022 02:54
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20973

Actions (login required)

View Item View Item