EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Orangtua Asuh dalam Memotivasi Perilaku Keberagamaan Anak Asuh di Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Budi Mulia

Nursyafitri, Siska Ananda (2022) Peran Orangtua Asuh dalam Memotivasi Perilaku Keberagamaan Anak Asuh di Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Budi Mulia. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (191kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (736kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (345kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (457kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

Panti asuhan adalah suatu lembaga sosial yang bergerak di bidang perbaikan, pemeliharaan dan penyantunan sosial yang dilakukan oleh suatu badan sebagai tempat atau rumah anak asuh, yang mempunyai peran sebagai pengganti orangtua atau keluarga. Panti asuhan sebagai penganti keluarga diharapkan dapat mengembangkan kepribadian anak dalam berbagai aspek, seperti aspek agama, fisik, psikis dan sosial.Di panti asuhan, anak mendapatkan pembinaan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan pembinaan budi pekerti luhur, dengan demikian penanaman nilai-nilai agama dalam pola sikap dan prilaku anak nantinya dapat bersikap dan berperilaku yang sesuai dengan norma atau kaidah yang ada dalam masyarakat, tetapi juga pelaksanaannya dalam kehidupan sehari hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orangtua khususnya orantua asuh terhadap motivasi perilaku keberagamaan anak di Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Budi Mulia. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (Flied Research), Subjek penelitian ini 2 orang orantua asuh dan 5 orang anak yang berstatus yatim piatu di Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Budi Mulia, sedangkan objeknya adalah peran orangtua terhadap motivasi perilaku keberagamaan anak asuh di Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Budi Mulia, teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi serta dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Peran orantua asuh terhadap motivasi perilaku keberagamaan anak asuh di Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Budi Mulia, meliputi cara mengarahkan, membimbing dan mendidik anak asuh termotivasi dalam melakukan keberagamaan khususnya pada kegiatan shalat berjama’ah, puasa ramadhan, dan membaca Al-Qur’an, 2) Perilaku keberagamaan anak asuh di Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Budi Mulia meliputi kegiatan shalat lima waktu yang dilakukan secara berjama’ah baik anak laki-laki dan anak perempuan, selain itu juga dilakukan kegiatan membaca Al-Qur’an secara rutin dilakukan selesai shalat magrib dan shalat subuh.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 02 Nov 2022 08:12
Last Modified: 02 Nov 2022 08:12
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21016

Actions (login required)

View Item View Item