EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Kepala Madrasah dalam Memotivasi Guru di MTs Miftahul Ulum Desa Sumber Jaya Kecamatan Kintap

Habibah, Siti (2022) Peran Kepala Madrasah dalam Memotivasi Guru di MTs Miftahul Ulum Desa Sumber Jaya Kecamatan Kintap. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruam.

[img] Text
Pernyataan keaslian tulisan.pdf

Download (209kB)
[img] Text
Awal Siti Habibah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I Siti Habibah.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB II Siti Habibah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
BAB III Siti Habibah.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB IV Siti Habibah.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB V Siti Habibah.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Siti Habibah.pdf

Download (167kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN RIWAYAT HIDUP SITI HABIBAH.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Latar belakang pada penelitian ini adalah kepala MTs Miftahul Ulum Sumber Jaya Kintap merupakan bagian penting dalam memberikan motivasi kepada seluruh guru untuk dapat meningkatkan kualitas kinerja. Karena tujuan awal pendidikan adalah terwujudnya tujuan pendidikan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Maka dari itu diperlukan upaya lebih lanjut dan lebih intensif, agar pendidikan madrasah tetap dapat mencapai tujuan yang sebenarnya, maka perlu adanya pengembangan perilaku kepemimpinan kepala madrasah terhadap motivasi guru. Tujuan adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Kepala Madrasah dalam memotivasi guru di MTs Miftahul Ulum Desa Sumber Jaya Kecamatan Kintap serta untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi Kepala Madrasah dalam Memotivasi guru di MTs Miftahul Ulum Desa Sumber Jaya Kecamatan Kintap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh dengan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan menjadikan kepala madrasah, waka kurikulum, dan guru sebagai informan dalam memperoleh data. Analisis data dalam penelitian ini (Reduksi data), data display (penyajian data), dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Peran Kepala Madrasah Dalam Memotivasi Guru Di Mts Miftahul Ulum Desa Sumber Jaya Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut di lakukan dengan memberikan motivasi berupa dua kategori, pertama psycological drive yaitu Kepala MTs Miftahul Ulum memberikan motivasi berupa dukungan atau sokongan, menjalin komunikasi kepada para guru dengan menyesuaikan pemikiran dan pemahaman para guru diluar jam kerja, memberikan semangat dalam bekerja dan yang kedua social motives yaitu Kepala MTs Miftahul Ulum memberikan motivasi berupa pengadaan kegiatan keacaraan syukuran yang sekiranya dapat menjadi kebutuhan para guru. Pemberian reward bagi guru yang berprestasi berupa hadiah kecil dari beberapa rekan kerja atau Kepala Madrasah, mengikut sertakan para guru dalam kegiatan yang dapat menambah ilmu pengetahuan, kemudian faktor yang mempengaruhi peran kepala madrasah dalam memberikan motivasi kepada guru terdiri dari faktor, yakni intrinsik dan ekstrinsik. Faktor intrinsik meliputi pekerjaan itu sendiri, kemajuan, tangung jawab, pengakuan, pencapaian. Sedangkan faktor ekstrinsik yaitu kondisi lingkungan kerja, kompensasi yang memadai, supervisi yang baik, ada jaminan karir, status dan tanggung jawab.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 06 Dec 2022 00:31
Last Modified: 06 Dec 2022 00:31
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21113

Actions (login required)

View Item View Item