EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen Pengembangan Budaya Religius di Lembaga Pendidikan (Studi Multi Kasus pada MA Ulumul Qur`an dan SMAN 1 Rantau Badauh)

Husna, Mufidatul (2022) Manajemen Pengembangan Budaya Religius di Lembaga Pendidikan (Studi Multi Kasus pada MA Ulumul Qur`an dan SMAN 1 Rantau Badauh). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (50kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (480kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (104kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (54kB)

ABSTRAK

Budaya sekolah merupakan dimensi soft yang akan memberikan warna khusus bagi sekolah sehingga membedakannya dengan sekolah lain. Salah satu budaya yang dikembangkan di sekolah khususnya di Indonesia adalah budaya religius. Budaya religius merupakan budaya yang didasari nilai-nilai religi, hal ini selaras dengan jati diri bangsa Indonesia yang mayoritas bahkan keseluruhan warga penduduknya merupakan warga yang beragama. Agar budaya religius yang dikembangkan di sekolah bisa berjalan dengan baik, maka diperlukan manajemen yang baik pula. Penelitian ini difokuskan pada perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap pengembangan budaya religius di lembaga pendidikan, yakni MA Ulumul Qur`an dan SMAN 1 Rantau Badauh. Jenis penelitian ini ialah field research atau penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Objek dari penelitian ini adalah manajemen pengembangan budaya religius pada MA Ulumul Qur`an dan SMAN 1 Rantau Badauh, serta faktor penghambat dan upaya menanggulanginya, dengan subjek penelitian adalah Kepala Sekolah dan tenaga pendidik. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi serta dokumentasi, setelah itu dilakukan analisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, hingga sampai kepada tahap kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan manajemen pengembangan budaya religius pada MA Ulumul Qur`an dan SMAN 1 Rantau Badauh dilakukan dalam rapat di tahun ajaran baru. Pada fungsi pengorganisasian dilakukan dengan proses penentuan kegiatan yang selaras dengan tujuan, kemudian pengklasifikasian kegiatan serta pembagian tugas. Adapun pelaksanaan pengembangan budaya religius pada MA Ulumul Qur`an diterapkan melalui strategi penciptaan budaya religius melalui model formal, struktural, dan mekanik. Sedangkan pelaksanaan pengembangan budaya religius pada SMAN 1 Rantau Badauh dilaksanakan dengan 3 strategi, yaitu (1) keteladanan (2) pembiasaan (3) penciptaan suasana religius dengan model formal, struktural, dan mekanik. Untuk fungsi pengawasan, MA Ulumul Qur`an dan SMAN 1 Rantau Badauh sama-sama menerapkan pengawasan langsung dan tidak langsung. Adapun faktor-faktor pendukung dan penghambat pengembangan budaya religius pada MA Ulumul Qur`an dan SMAN 1 Rantau Badauh ialah faktor internal dan faktor ekstrenal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 20 Dec 2022 02:37
Last Modified: 20 Dec 2022 02:37
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21296

Actions (login required)

View Item View Item